Kim Jong-Un Undang Donald Trump Ke Pyongyang Untuk Pertemuan Ketiga

Kim Jong-un mengundang Donald Trump untuk mengunjungi Pyongyang dalam sebuah surat yang dikirimnya pada bulan Agustus di tengah macetnya perundingan denuklirisasi, menurut beberapa sumber diplomatik.

Kim berbicara tentang kesediaannya untuk pertemuan ketiga dan memperpanjang undangan bagi presiden AS untuk mengunjungi ibukota Korea Utara, menurut laporan surat kabar Joongang Ilbo.

Trump berkata pada 9 Agustus bahwa ia telah menerima “surat yang sangat indah” dari Kim.

Namun para pejabat AS belum mengatakan apa-apa tentang surat kedua yang dikirim pada akhir bulan Agustus.

Kim Jong-Un Undang Donald Trump Ke Pyongyang Untuk Pertemuan Ketiga 1

Trump dan Kim telah bertemu tiga kali sejak Juni tahun lalu untuk membahas cara-cara menyelesaikan krisis program rudal dan nuklir Korea Utara, tetapi kemajuan substantif masih sedikit.

Dua pertemuan pertama mereka adalah KTT resmi, yang kedua di Vietnam pada Februari, gagal setelah mereka tidak dapat mempersempit kesenjangan antara tuntutan AS untuk denuklirisasi Korea Utara dan permintaan Korea Utara untuk bantuan dari sanksi.

Mereka bertemu untuk ketiga kalinya pada 30 Juni di zona demiliterisasi yang berada di antara Korea Utara dan Selatan, mereka akhirnya sepakat untuk memulai kembali pembicaraan yang lanjut tetapi hal itu belum terjadi.

Sejak pertemuan pada bulan Juni, Korea Utara telah beberapa kali menguji proyektil jarak pendek.

Kim Jong-Un Undang Donald Trump Ke Pyongyang Untuk Pertemuan Ketiga 2

Gedung Putih, Departemen Luar Negeri AS dan misi Korea Utara untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa belum menanggapi komentar atas laporan tersebut.

Pada hari Senin, seorang direktur jenderal yang mengurus hubungan dengan AS di kementerian luar negeri Korea Utara mengatakan “pertemuan yang baik” dengan pejabat AS diharapkan akan berlangsung “dalam beberapa minggu”.

BACA JUGA:  Gempa Magnitude 7,4 Guncang Maluku Utara, Berpotensi Tsunami

Tetapi apakah pertemuan tersebut akan mengarah pada “krisis atau peluang” tergantung pada Amerika Serikat, kata pejabat itu, yang menginginkan pendekatan yang lebih fleksibel.

“Diskusi mengenai denuklirisasi mungkin dilakukan ketika ancaman dan rintangan yang membahayakan keamanan sistem kita dan menghalangi perkembangan kita jelas dihilangkan tanpa keraguan,” kata pejabat itu dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh kantor berita resmi KCNA Korea Utara.

Kim Jong-Un Undang Donald Trump Ke Pyongyang Untuk Pertemuan Ketiga 3

Wakil menteri luar negeri Korea Utara, Choe Son Hui, mengatakan pekan lalu Pyongyang bersedia melakukan diskusi komprehensif akhir bulan ini.

Trump kemudian mengatakan dia akan bersedia untuk bertemu Kim di beberapa waktu pada tahun ini.

Menteri luar negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha, bertanya tentang laporan surat kabar itu, mengatakan ada “penjelasan terperinci tentang surat semacam itu” tetapi menolak untuk menjelaskan lebih lanjut.

Kang mengatakan bahwa “jangan terlalu berharap” Trump dan Kim akan bertemu sebelum diadakan pembicaraan antara bawahan masing-masing presiden.

Comments

comments

Loading...
loading...