Polemik Dana Desa Terhadap Pemerintahan Desa Di Tanah Karo

TANAH KARO | Permasalahan Dana Desa hingga sampai saat ini belum kunjung teratasi dari permasalahan yang ada di tubuh penggunaan dana desa. Seperti di daerah kabupaten Karo, Sumatera Utara. Anggaran Dana Desa , Bagi Hasil Pajak (DD, ADD, BHP) tidak tepat sasaran yang menuai protes masyarakat Desa.

Seperti yang dialami warga Desa Nageri, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo hingga sampai saat ini belum ada titik terang dari penggunaan anggaran desa. Kekecewaan tersebut di utarakan perangkat Desa berinisial IG di Kabanjahe beberapa hari lalu. Tidak hanya itu, Di kecamatan Kabanjahe juga dengan permasalahan yang sama,
Rabu sore(18/09/19).

Pencairan di Tahap kedua belum terelisasi oleh pihak DPMPD Kabupaten Karo tampa kejelasan yang pasti. Terkait permasalahan tersebut awak Media mencoba konfirmasi ke dinas terkait baik langsung ke kantornya maupun melalui selurer tidak mempunyai jawaban. Hal ini sangat disesalkan oleh masyarakat.

Sementara itu Lembaga Swadaya Masyarakat KCBI Kabupaten Karo, DSS meyikapi polemik tersebut “Masyarakat sangat kecewa terhadap kinerja pemerintah ini, ketidak transparan dalam pengelolaan anggaran membuat masyarakat merasa dibodohi keterbukaan informasi,” Terangnya.

Lanjutnya. “Pelambatan pembangunan desa ini karena tidak Bersinerginya Pihak Inspektorat Kabupaten Karo, Satgas Dana Desa hingga Penanggung Jawab Dana Desa yang berdampak ke masyarakat itu sendiri.

Sebagai contoh kongkritnya di salah satu desa di Kecamatan Juhar. Dimana Team Pengelola Kegiatan (TPK) dengan pihak Kepala Desa (Kades) terkait proyek sarana dan prasarana serta infrastruktur proyek ditahun 2019 tidak singkron. Kita mengetahui dari 2017 lalu pihak kementerian telah mengeluarkan dana begitu besar untuk pembangunan desa. Tapi halnya tidak sesuai apa yang diharapkan,”Ujarnya.

BACA JUGA:  Ratusan Ribu Warga Catalonia Turun Ke Jalan Tuntut Kemerdekaan dari Spanyol

Tambahnya. “Kita harapkan kepada dinas terkait untuk dapat menjalankan sesuai Undang – undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang penggunaan dana desa berikut petunjuk teknisnya. Ada sekitar 269 desa yang dibangun dikabupaten Tanah Karo Simalem ini, kita harapkan keterbukaan informasi dalam pembangunan desa tersebut, “Pungkasnya. (Imanuel Sembiring)

Comments

comments

Loading...