Ratusan Warga Tewas Setelah India Dihantam Banjir Bandang

Lebih dari 100 orang tewas akibat banjir setelah hujan deras tiga hari berturut-turut di negara bagian Uttar Pradesh dan Bihar, India.

Kepala manajemen bencana nasional SN Pradhan mengatakan ribuan orang dievakuasi dari ibukota negara bagian Bihar, Patna, menyebut situasi semacam itu “belum pernah terjadi sebelumnya”.

Kota ini merupakan salah satu daerah terkena dampak terparah, setelah hujan yang sangat deras pada musim hujan. Secara total, 29 orang tewas di Bihar dan setidaknya 79 orang tewas di Uttar Pradesh sejak Jumat.

Ratusan Warga Tewas Setelah India Dihantam Banjir Bandang 1

Para pejabat di Bihar mengatakan ini adalah insiden terburuk dalam beberapa puluh tahun terakhir. Pemerintah negara bagian telah meminta dua helikopter Angkatan Udara dikerahkan untuk pasokan udara dan mengangkat yang terluka dari daerah yang terkena banjir.

Sekolah-sekolah telah diperintahkan ditutup sampai paling tidak hari Selasa sebagai tindakan pencegahan. DIperkirakan hujan akan berkurang secara signifikan dalam beberapa jam mendatang.

Dari 19 unit bantuan nasional yang dikerahkan ke Bihar, lima di Patna, kata Pradhan. Pihak berwenang di kota telah mengerahkan perahu karet untuk menyelamatkan warga yang terisolasi di rumah mereka.

Ratusan Warga Tewas Setelah India Dihantam Banjir Bandang 2

Namun, walaupun banyak warga yang telah dipindahkan pengungsian oleh pemerintah, yang lain mengeluh karena kurangnya bantuan negara. Bihar merupakan daerah tertinggal dan dicap sebagai negara bagian termiskin di India, baik dalam hal pendapatan maupun infrastruktur publik.

Ananju Devi, salah satu pengungsi, mengatakan kepada Associated Press bahwa persediaan yang dibagikan tidak menjangkau semua orang. “Kami tidak bisa memasak makanan apa pun. Bagaimana bisa? Kami hanya duduk dan berdiam diri, ”katanya.

BACA JUGA:  Tangis Dewi Suryani Pecah Saat Tak Mampu Bawa Jenazah Anaknya Pulang dari RSUP Padang

Banjir memberi dampak terburuk di perdesaan dan kota-kota yang, seperti Patna, berada di tepi Sungai Gangga.

Ratusan Warga Tewas Setelah India Dihantam Banjir Bandang 3

Kota-kota seperti itu termasuk Ballia di Uttar Pradesh, di mana pada hari Senin para pejabat mengatakan hampir 900 tahanan dipindahkan dari penjara distrik setelah air banjir memasuki sel.

Meskipun banjir terburuk di Uttar Pradesh dan Bihar, banyak negara bagian lain juga mengalami hujan lebat selama akhir pekan lalu. Di Gujarat, tiga wanita tenggelam setelah mobil mereka hanyut di jalan lintas yang terkena banjir, Press Trust of India melaporkan, 13 orang meninggal di Uttarakhand, Madhya Pradesh, dan negara bagian Rajasthan.

Musim hujan India, yang menyumbang hampir 75 persen dari curah hujan tahunan negara itu, dimulai pada bulan Juni dan mereda pada awal September.

Comments

comments

Loading...
loading...