7 Tewas Setelah Pesawat Bekas Perang Dunia II Gagal Mendarat

Administrasi Penerbangan Federal telah mengidentifikasi pesawat itu sebagai Boeing B-17, dan mengatakan bahwa pesawat itu gagal mendarat ketika kecelakaan terjadi. Laporan kemudian menunjukkan pesawat menabrak fasilitas de-icing di bandara.

“Sebuah Boeing B-17 tua jatuh di ujung Landasan 6 ketika mencoba mendarat di Bandara Internasional Bradley di Windsor Locks, Conn., Pada pukul 10 pagi,” berdasarkan pernyataan resmi. “Itu adalah pesawat sipil, tidak diterbangkan oleh militer.”

Pihak berwenang dari Bandara Internasional Bradley mengatakan bahwa saat ini bandara ditutup.

7 Tewas Setelah Pesawat Bekas Perang Dunia II Gagal Mendarat 1

“Kami dapat mengkonfirmasi bahwa ada kecelakaan yang melibatkan pesawat Perang Dunia II milik Collings Foundation pagi ini di Bandara Bradley,” kata sebuah tweet dari maskapai itu. “Saat ini operasi evakuasi korban dan pemadaman kebakaran sedang berlangsung. Bandara ditutup. Kami akan mengeluarkan pemberitahuan lebih lanjut ketika informasi tersedia.”

Foto-foto yang tersebar dari dekat lokasi kecelakaan menunjukkan segumpal besar asap hitam dan kebakaran di bandara, yang merupakan bandara komersial utama di Connecticut. Di bandara ini juga terdapat New England Air Museum, yang menyimpan beberapa pesawat kuno.

Boeing B-17 Flying Fortress Bombers adalah pesawat bermesin empat yang pertama kali dikembangkan pada 1930-an, dan digunakan untuk pengeboman siang hari terhadap target industri dan militer Jerman selama Perang Dunia Kedua.

7 Tewas Setelah Pesawat Bekas Perang Dunia II Gagal Mendarat 2

Brian Hamer, dari Norton, Massachusetts, mengatakan dia berada kurang lebih satu mil dari titik jatuh ketika pesawat tersebut terbang tepat di atas kepalanya.

Salah satu mesin mulai berderam, dan asap keluar dari belakang, kata Hamer. Pesawat berbelok lebar dan memutar ke arah bandara, katanya.

BACA JUGA:  Gara-Gara Merokok Saat Isi Bensin, Tujuh Kios Ludes Terbakar di Agam Sumatera Barat

“Lalu kami mendengar suara ledakan dan guntur, dan asap muncul, kami pikir itu terlihat tidak baik,” kata Hamer.

7 Tewas Setelah Pesawat Bekas Perang Dunia II Gagal Mendarat 3

Antonio Arreguin, yang sedang parkir di lokasi konstruksi di dekat bandara, mengatakan dia tidak melihat pesawat tetapi mendengar ledakan dan bisa merasakan panas dari “bola api besar” sekitar 250 meter jauhnya.

Pesawat yang sama juga jatuh pada 1987 di sebuah pertunjukan udara dekat Pittsburgh, melukai beberapa orang, kata Collings Foundation. Dipukul oleh angin kencang saat berusaha mendarat, pesawat itu melewati landasan pacu dan terjun menuruni bukit. Kemudian diperbaiki.

Kecelakaan ini mengurangi jumlah B-17 yang aktif terbang menjadi sembilan, kata Rob Bardua, juru bicara Museum Nasional Angkatan Udara AS, dekat Dayton, Ohio.

Comments

comments

Loading...
loading...