Jepang Ampuni 600.000 Napi Pada Penobatan Kaisar Naruhito

Jepang dilaporkan akan mengampuni 600.000 napi bersamaan dengan acara perayaan penobatan kaisar baru.

Pada bulan April, Kaisar Akihito menjadi kaisar Jepang pertama yang turun tahta sejak 1817. Putranya, Naruhito, akan menggantikannya sebagai kaisar. Upacara penobatan resmi Naruhito akan berlangsung akhir bulan ini.

Cakupan penuh dari perintah pengampunan masih belum jelas tetapi akan melibatkan amnesti bagi mereka yang dihukum membayar denda. Orang-orang dengan hukuman itu dilarang mendapatkan beberapa pelayanan umum dan tidak dapat memperoleh lisensi dokter dan perawat selama lima tahun. Di bawah sistem pengampunan, aturan ini tidak akan berlaku untuk orang yang baru dihukum dalam tiga tahun terakhir, menurut Manchini Shimbun.

Orang-orang yang dinyatakan bersalah melanggar Undang-Undang Pemilihan Kantor Publik biasanya mendapatkan hukuman dilarang untuk mencalonkan diri untuk jabatan publik dan penangguhan hak untuk memilih. Beberapa orang yang melanggar Undang-Undang ini juga akan diampuni.

Jepang Ampuni 600.000 Napi Pada Penobatan Kaisar Naruhito 1

“Kami sedang mempertimbangkan masalah ini dengan cermat. Saya menahan diri untuk tidak mengomentari detailnta, “kata Yoshihide Suga, Sekretaris Kabinet Jepang. Rencana ini diharapkan akan disetujui akhir bulan ini.

Ketika upacara penobatan diadakan pada tahun 1990 untuk Kaisar Akihito, 2,5 juta orang diampuni. Pada tahun 1989, sekitar 30.000 orang diampuni untuk pemakaman Kaisar Hirohito.

Penobatan Kaisar Naruhito akan berlangsung selama upacara pada 22 Oktober. Acara ini akan dihadiri oleh pejabat tinggi dari hampir 200 negara. Kaisar baru akan mengenakan jubah tradisional dan hiasan kepala.

Dia kemudian akan melangkah ke “Takamikura”, paviliun setinggi 6,5 m dan duduk di kursi di dalamnya yang terbuat dari jerami tatami. Tak lama kemudian, tirai paviliun akan ditarik dan kaisar akan berdiri. Pada waktu ini ia akan mengumumkan penggantinya secara terbuka.

BACA JUGA:  Lulusan IPDN Yang Menjadi PNS Gaji 20 Juta Di DKI Jakarta

Comments

comments

Loading...
loading...