Bersaing Ketat dengan Quartararo Hingga Lap Terakhir, Marquez akhirnya Juara Dunia MotoGP 2019

Marc Marquez memastikan menjadi juara dunia MotoGP 2019 setelah mengalahkan Fabio Quartararo pada balapan MotoGP Thailand 2019 di Sirkuit Buriram, Minggu (6/10/2019). Kemenangan ini membuat Marquez menorehkan 325 poin. Sementara rival terdekat Marquez, Andrea Dovizioso hanya mampu finis di posisi keempat.

Awal balapan Quartararo sempat melakukan start impresif dari pole. Lap pertama berakhir dengan keunggulan pembalap asal Perancis itu atas Marquez dan Maverick Vinales. Sedangkan Dovizioso juga start dengan impresif setelah naik dari posisi tujuh ke empat.

Usai lap keempat, Quartararo dan Marquez mulai menjauh di posisi satu-dua. Kedua pembalap sudah unggul hampir satu detik dari Vinales yang berada di posisi ketiga. Sedangkan Valentino Rossi berhasil naik ke posisi enam di lap kelima setelah melewati Joan Mir.

Quartararo mampu mempertahankan posisi dari kejaran Marquez. Bahkan setelah memasuki lap sembilan, pebalap rookie itu berhasil unggul hingga 0,6 detik dari Marquez. Namun, bukan Marquez namanya jika tidak berusaha meraih kemenangan meski finis kedua cukup baginya untuk menjadi juara dunia MotoGP 2019.

Marquez mulai mendekati Quartararo di sepuluh lap terakhir. Pmebalap Repsol Honda itu mendekat hingga berjarak hanya 0,2 detik dari Quartararo. Sedangkan Vinales terpaut 2,3 detik dari Marquez.

Ketika Marquez sempat menyalip di trek lurus balapan pun mulai terasa ramai, namun pembalap asal Spanyol itu gagal mengerem dengan sempurna untuk melakukan blockpass terhadap Quartararo.

Pertarungan Quartararo dan Marquez terjadi di lap terakhir. Akhirnya Marquez berhasil menyalip Quartararo di tikungan pertama. Marquez pun mengalahkan Quartararo di tikungan terakhir dan menjadi juara dunia MotoGP 2019. Sementara Vinales merebut podium ketiga.

BACA JUGA:  Duo Marquez di MotoGP 2020, Sama-Sama di Tim Repsol Honda

 

Comments

comments

Loading...
loading...