Inilah Saatnya Koalisi Indonesia Kerja Panen Raya, Oposisi Dibuatnya Tak Berkutik

Mulai dari presiden, Ketua DPR, MPR, hingga DPD berhasil dipegang oleh Koalisi Indonesia Kerja. Sedangkan pada Pilpres 2014 yang lalu koalisi ini hanya memegang jabatan presiden, dan DPD, sementara oposisi menguasai jabatan Ketua DPR, dan MPR.

Kini, MPR di tangan Bambang Susatyo, sehingga dapat menjadi jaminan bahwa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin tidak akan mampu digoyang, seperti yang terjadi di awal pemerintahan Jokowi-JK di tahun 2014.

Ketika itu, Koalisi Merah Putih nampak serakah sekali. Setelah gagal menguasai kursi presiden, maka jabatan Ketua DPR dan MPR mereka borong tanpa menyisakan untuk KIH (Koalisi Indonesia Hebat). Padahal sebagai pemenang pemilu mestinya Ketua DPR haknya PDIP.

Namun pada saat itu, UU MD3 diamandemen secepat kilat, dan Koalisi Indonesia Hebat seolah membiarkan begitu saja. Tapi lama-lama kubu oposisi satu persatu rontok, banyak pendukung oposisi menyeberang ke KIH, misalnya Golkar dan PPP.

Bagaikan terkena hukum karma, sekarang Koalisi Adil Makmur pengganti KMP seperti kehilangan panggung dan tak mendapat posisi apa-apa. Awalnya pengin Ketua MPR yang akan diserahkan kepada Ahmad Muzani dari Gerindra, sayang gagal total. Lobi-lobinya mereka ke parpol lain tidak membawa hasil, akhirnya Gerindra pun mendukung Bambang Susatyo menjadi Ketua MPR.

Strategiskah jabatan Ketua MPR? Kali ini memang sangat strategis. Selain bisa memoles diri sang Ketua untuk persiapan Pilpres 2024, wewenanngnya pun diperluas jika wacana GBHN dihidupkan kembali. Apalagi di tangan Bamsut, PDIP pemilik Koalisi Indonesia Kerja akan menjadi lebih tenang, karena takkan mengganggu pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

BACA JUGA:  Dinilai Bermasalah, Jamhuka Dukung Erick Thohir Cari Sosok Lain Pimpin Bank BTN

Beda kalau jabatan ketua MPR berada di tangan oposisi, peluang untuk menggoyang dan menjatuhkan presiden besar sekali. Sebab berdasarkan pengalaman sebelumnya, Gerindra – PKS tak pernah berhenti menggempur segala kebijakan Jokowi-JK.

Disadur dari: poskotanews.com

Comments

comments

Loading...
loading...