AS Tidak Setujui Invasi Turki Terhadap Suriah

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan AS “tidak memberi Turki lampu hijau” untuk menyerang Suriah dan pasukan Kurdi dalam sebuah wawancara pada hari Rabu.

“Ya, itu salah,” kata Pompeo dalam wawancara dengan PBS NewsHour. “Amerika Serikat tidak pernah memberi Turki lampu hijau.”

Pompeo menangkis pertanyaan tentang apakah AS harus bertanggung jawab atas hasil serangan Turki, termasuk apakah warga sipil terbunuh atau jika ISIS muncul kembali.

AS Tidak Setujui Invasi Turki Terhadap Suriah 1

“Kami akan bekerja keras untuk memastikan bahwa ISIS tidak memiliki kekhalifahan yang meluas melintasi Suriah dan Irak, yang merupakan keadaan yang terjadi ketika Presiden menjabat,” katanya.

Pompeo menyatakan bahwa pemerintah AS telah menyelesaikan misi mengalahkan ISIS, dan pasukan Amerika berada berada dalam bahaya jika tinggal di Suriah. Dia menambahkan bahwa dia “yakin Presiden Trump memahami ancaman itu.”

AS Tidak Setujui Invasi Turki Terhadap Suriah 2

“Kami akan terus berada dalam posisi untuk melakukan apa yang perlu kami lakukan untuk menjaga rakyat Amerika seaman mungkin dari ancaman ini, tetapi itu tidak hanya di Suriah,” katanya. “Bahaya itu juga berasal dari Irak; ada puluhan negara lain di mana ancaman dari terorisme radikal terus ada, dan kami, Amerika Serikat, harus memastikan kami menempatkan pasukan kami, sumber daya kami secara tepat untuk mengurangi ancaman itu ke Amerika Serikat.”

Beberapa politisi di kedua sisi mengkritik presiden atas keputusannya menarik pasukan dari Suriah, dengan mengatakan Trump secara efektif telah menelantarkan sekutu A.S. di Kurdi.

Trump membela keputusannya, mengatakan ISIS telah dikalahkan dan bahwa jika Turki melewati batas dia akan “menghancurkan” ekonomi negara itu.

BACA JUGA:  Lulusan IPDN Yang Menjadi PNS Gaji 20 Juta Di DKI Jakarta

Comments

comments

Loading...
loading...