Larang Pemain Dukung Hong Kong, Blizzard Diboikot

Perusahaan video game Blizzard menghadapi boikot setelah memberi hukuman berupa ban kepada seorang gamer profesional dari turnamen eSports karena secara terbuka mendukung protes pro-demokrasi di Hong Kong.

Chung “Blitzchung” Ng Wai dikeluarkan dari kompetisi Grandmaster Hearthstone setelah perusahaan AS itu mengklaim ia telah melanggar aturan resmi.

“Sementara kami berdiri di bawah hak seseorang untuk mengungkapkan pemikiran dan pendapat individu, para pemain dan peserta lain yang memilih untuk berpartisipasi dalam kompetisi eSports kami harus mematuhi aturan kompetisi resmi,” Blizzard, yang sebagian dimiliki oleh perusahaan Tiongkok Tencent, membuat pernyataan dalam sebuah posting menjelaskan keputusan tersebut.

Larang Pemain Dukung Hong Kong, Blizzard Diboikot 1

Dalam wawancara pasca-pertandingan, Blitzchung mengenakan topeng gas dan kacamata dan menyatakan: “Bebaskan Hong Kong, revolusi zaman kita.”

Pelindung kepala seperti kaca mata dan masker telah menjadi simbol protes, yang dimulai awal tahun ini sebagai tanggapan terhadap rancangan undang-undang ekstradisi yang akan memaksa penduduk Hong Kong untuk diadili di daratan Tiongkok.

Tak lama setelah hukuman dijatuhkan, tagar #BoycottBlizzard mulai tren di media sosial.

Gamer menyatakan mereka akan berhenti bermain game-game keluaran Blizzard seperti Starcraft, World of Warcraft, Diablo dan Overwatch.

Seorang pengguna Twitter menulis: “Aku berhenti bermain World of Warcraft. Saya mendukung kaum muda yang secara proaktif mengadvokasikan kebebasan dan demokrasi mereka; mereka membentuk hari esok yang lebih baik. Menghukum mereka karena aktivisme mereka sangat memalukan. ”

BACA JUGA:  Band Hardcore Punk Legendaris Black Flag Tampil di Hammersonic 2020

Pengembang video game Mark Kern, yang pernah bekerja di World of Warcraft, mengungkapkan bahwa ia juga telah berhenti bermain.

Dia menulis di Twitter : “Kita berada dalam situasi di mana uang Komunis yang tidak terbatas menentukan nilai-nilai Amerika kita. Kita menyensor game kita untuk Tiongkok, kita menyensor film kita untuk Tiongkok. Sekarang, perusahaan video game membungkam suara untuk kebebasan dan demokrasi. ”

Larang Pemain Dukung Hong Kong, Blizzard Diboikot 2

Pendukung boikot juga berbagi meme dari karakter Overwatch Mei yang populer, yang menunjukkan topeng gas dan perlengkapan anti huru-hara yang dipasangkan ke karakter tersebut.

Comments

comments

Loading...
loading...