Daftar Nama Menteri Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin Sudah Ada di Kantong Presiden RI

Jakarta – Jelang pelantikan Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa periode 2019-2024, spekulasi Nama – nama calon menteri makin sering terdengar.

Sejumlah nama dari kalangan akademisi, teknokrat, profesional, politisi, dan relawan kerap masuk daftar perkiraan calon pembantu Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam berbagai jajak pendapat.

Bahkan, bukan rahasia kalau partai politik peserta pada pemilu tahun 2019 menyodorkan Nama – nama kadernya untuk mengisi posisi menteri pemerintahan Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin.

Dalam menanggapi hal tersebut, Soetrisno Bachir Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) mengingatkan, urusan menteri sepenuhnya hak prerogatif Presiden Republik Indonesia. Seharusnya partai politik tidak perlu menekan atau memasang target jumlah menteri, sehingga membuat Presiden Republik Indonesia tidak independen dalam memutuskan, di Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Selain itu, Soetrisno Bachir juga mengatakan, untuk masa periode 2019-2024, yakin dengan pengalamannya, Ir. H. Joko Widodo akan memilih Orang – orang yang tepat, baik dari kalangan partai politik mau pun non partai politik.

Untuk urusan menteri itu serahkan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia. Jangan Partai – partai itu menekan atau membuat Presiden Republik Indonesia serba tidak independen.

Tapi, saya yakin Partai – partai sekarang dan Presiden Republik Indonesia pun menyadari dari pengalaman yang lama ini. Presiden Republik Indonesia akan memilih yang Betul – betul dibutuhkan oleh bangsa ini baik dari partai politik mau pun dari non partai politik, ujarnya.

BACA JUGA:  Inilah Yang Menjegal Ahok Apabila Ditunjuk Sebagai Dirut Pertamina atau PLN

Dalam hal ini, Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) meminta publik sabar menunggu pengumuman nama-nama menteri pilihan Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa periode 2019-2024 yang sudah ada di kantong.

Pertanyaan publik dan wartawan soal menteri jawabannya ada di saku Presiden Republik Indonesia (RI), tegasnya.

Seperti diketahui, Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa periode 2019-2024. Upacara pengambilan sumpah jabatan akan diselenggarakan di Gedung DPR/MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (20/10/2019) sore.

Pada hari Jumat (18/10/2019) kemarin, Ir. H. Joko Widodo Presiden Republik Indonesia (RI) mengatakan, Nama – nama menteri dan pejabat setingkat menteri akan diumumkan sesudah pelantikan nanti. Tapi, Ir. H. Joko Widodo tidak memberikan kepastian. Dia bilang, pengumuman kabinet bisa saja dilakukan hari Minggu, Senin atau Selasa, pangkas.

Comments

comments

Loading...
loading...