Ratusan Ribu Warga Catalonia Turun Ke Jalan Tuntut Kemerdekaan dari Spanyol

Jalanan Barcelona berubah menjadi medan perang setelah lebih dari setengah juta orang turun ke jalan untuk berdemonstrasi mendukung gerakan kemerdekaan Catalonia dari Spanyol.

Mogok massal melumpuhkan kota ketika 520.000 orang turun ke jalan, termasuk mereka yang telah berjalan berhari-hari dari lima kota tetangga.

Ketika malam tiba, para pemuda bertopeng memblokir jalan besar dekat dengan markas besar kepolisian kota, membakar tempat sampah besar dan melempar hujan batu, kaleng dan botol ke arah barisan pasukan keamanan berseragam dengan peralatan anti huru hara.

Ratusan Ribu Warga Catalonia Turun Ke Jalan Tuntut Kemerdekaan dari Spanyol 1

Petugas kepolisian membalas dengan tembakan peluru busa, granat asap dan gas air mata, sementara sebuah water cannon berkeliaran untuk memadamkan api.

Protes dimulai setelah Mahkamah Agung Spanyol memutuskan untuk memenjarakan sembilan pemimpin separatis pada awal pekan ini karena peran mereka dalam referendum kemerdekaan 2017 yang gagal.

Para pengunjuk rasa mendirikan dan membakar barikade di jalan-jalan Barcelona.

Ratusan Ribu Warga Catalonia Turun Ke Jalan Tuntut Kemerdekaan dari Spanyol 2

Lebih dari 200 petugas polisi dirawat karena cedera sejak Senin.

Otoritas kesehatan mengatakan 62 orang terluka pada Jumat malam, termasuk 41 di Barcelona.

Sekitar 107 kendaraan polisi telah rusak sementara 800 tong sampah dibakar sebagai barikade.

Sementara itu lebih dari 120 orang telah ditangkap, hakim Spanyol Fernando Grande-Marlaska memperingatkan bahwa mereka dapat menghadapi hukuman penjara enam tahun karena keterlibatan mereka dalam kerusuhan.

Ratusan Ribu Warga Catalonia Turun Ke Jalan Tuntut Kemerdekaan dari Spanyol 3

Peringatan itu muncul di tengah kekhawatiran aksi ini didorong ke arah kekerasan oleh kelompok-kelompok separatis yang tidak sepaham dengan tujuan awal aksi yang tanpa kekerasan.

BACA JUGA:  Kebakaran Hutan Intai Sydney, Australia Umumkan Keadaan Darurat

Miquel Buch, menteri dalam negeri pro-kemerdekaan Catalonia, mengatakan, “Kekerasan semacam ini belum pernah terjadi sebelumnya di Catalonia, orang-orang ini bukan separatis.”

Kekerasan pada hari Jumat meletus setelah mantan pemimpin Catalan, Carles Puidgemont menyerahkan diri kepada otoritas Belgia, setelah Spanyol mengeluarkan surat perintah baru untuk penangkapannya.

Ratusan Ribu Warga Catalonia Turun Ke Jalan Tuntut Kemerdekaan dari Spanyol 4

Mr Puigdemont, mantan presiden Catalonia, tinggal di pengasingan di Belgia untuk menghindari tuduhan penghasutan terhadap wilayah Spanyol, serta penyalahgunaan dana publik.

Tuduhan diajukan kepadanya oleh jaksa karena perannya dalam deklarasi kemerdekaan unilateral yang gagal pada tahun 2017, setelah itu ia melarikan diri dari negara itu.

Pemerintahannya mengatakan bahwa dia “ditemani pengacaranya, secara sukarela muncul di hadapan otoritas Belgia”.

Comments

comments

Loading...
loading...