Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-19 2020

Walaupun sempat tertinggal 0-1 dari Korea Utara, Tim nasional Indonesia U-19 akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020 usai berbagi angka dengan tim tamu pada laga pamungkas kualifikasi Grup K di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Pasukan Fakhri Husaini akhirnya bisa menyamakan kedudukan 1-1. Hasil imbang ini cukup buat Indonesia U-19 untuk melangkah ke putaran final Piala Asia U-19 2020 yang digelar di Uzbeksitan pada 14–31 Oktober 2020 mendatang.

Kini, Garuda Nusantara memuncaki klasemen Grup K dengan tujuh poin dan lolos otomatis ke Uzbekistan. Korea Utara di peringkat 2 dengan lima poin.

Sebelum kebobolan Indonesia sempat membuat sejumlah ancaman bagi pemain lawan. Pada menit keempat Serdy Hepyfano mencoba melepaskan tembakan, namun mampu ditahan penjaga gawang gawang Korea Utara Sin Kwang Guk.

Padan menit ke-15 Beckham Putra melepas umpan matang ke Muhammad Fajar Fathur Rachman, namun tembakan Fajar masih dapat dihalau penjaga gawang Korut.

Kejutan terjati pada menit ke-40, Indonesia U-19 kebobolan melalui aksi kapten timnas Korea Utara Kim Kwang Chong. Tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti Chong gagal dibendung kiper Ernando Ari Sutaryadi. Indonesia tertinggal 0-1 hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Indonesia kembali mencoba menekan Korut untuk mengejar ketertinggalan. Pelatih Fakhri Husaini memasukkan Supriadi menggantikan Sendi di babak kedua, dan menarik Theo Fillo Numberi digantikan Brylian Aldama menit ke-56.

Akhirnya kebuntuan pun berhasil dipecahkan oleh para pemain Indonesia di menit ke-59 saat Amiruddin Bagus Kahfi dijatuhkan pemain Korut di kotak terlarang. Wasit pun menunjuk penalti yang menajdi keuntungan Indonesia.

BACA JUGA:  Timnas U-23 Bermain Imbang Melawan Iran dalam Uji Coba Menuju SEA Games 2019

Bagus Kahfi yang menjadi algojo sukses mengonversi menjadi gol. Kiper Korea Utara Sin Kwang Guk salah mengantisipasi tendangan Bagus Kahfi yang mendatar ke kanan gawang. Tak ada lagi gol tercipta meski Indonesia dan Korea Utara membuat peluang.

Sementara itu pada laga sebelumnya, Hong Kong berhasil mengamankan tiga angka setelah memetik kemenangan 2-1 atas Timor Leste. Motor serangan Hong Kong Lau Ka Kiu memborong gol kemenangan Hong Kong.

Hong Kong sempat tertinggal melalui gol Elias Joao Mesquita pada menit ke-18. Namun, Lau Ka Kiu berhasil membalas menit ke-45, dan 75.

Hasil ini membuat Hong Kong bertengger di posisi ketiga klasemen Grup K dengan mengumpulkan empat poin, hasil satu kali menang, sartu imbang, dan sekali tumbang. Sedangkan Timor Leste juru kunci, tanpa poin.

Comments

comments

Loading...
loading...