Ribuan Rumah Dihantam Puting Beliung di Bojonegoro

Tidak hanya ribuan yang rumah rusak dihantam puting beliung yang terjadi di Bojonegoro, Jawa Timur, sejumlah pohon tumbang di beberapa jalan protokol akibat angin puting beliung yang disertai hujan deras.

Peritiwa yang terjadi Sabtu (9/11/2019) sekitar pukul 16.30 WIB ini mengakibatkan beberapa ruas jalan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, karena pohon-pohon yang tumbang menghalangi jalan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo melaporkan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro telah memberikan informasi bahwa hingga Senin (11/11/2019) tercatat 1.378 rumah rusak dengan kategori yang berbeda.

Sekitar 33 unit unit rumah mengalami rusak berat, 180 rusak sedang dan 1.165 mengalami rusak ringan. Sedangkan kerusakan infrastruktur lain, BPBD juga mengidentifikasi 7 unit fasilitas sosial dan pendidikan mengalami kerusakan.

“Berdasarkan pendataan, diketahui kerusakan pemukiman tersebar di 12 kecamatan, yaitu Bojonegoro, Kapas, Balen, Sumberrejo, Trucuk, Kalitidu, Dander, Ngasem, Ngambon, Margomulyo, Gayam dan Kepohbaru,” ujar Agus, Senin (11/12/2019).

Bencana dengan kategori hidrometerologi ini dilaporkan tidak sampai menimbulkan korban jiwa. “Pemkab Bojonogoro telah melakukan upaya penanganan darurat seperti pembersihan material bangunan dan pohon tumbang, serta pendataan kerusakan. Hingga saat ini warga yang rumahnya rusak sangat membutuhkan bantuan terpal,” pungkasnya.

Comments

comments

BACA JUGA:  Kapal Tanker Yunani Diserang Perompak Nigeria, 19 Awak Diculik
Loading...
loading...