Setelah PKS Kini PKB Dukung Gibran Maju Pada Pilkada Solo 2020

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka semakin banyak mendapat dukungan untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo pada 2020 mendatang. Setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara terbuka mendukung niat tersebut.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid yakin hampir semua partai akan memberikan dukungan terhadap Gibran maju sebagai calon wali kota (cawalkot) Solo. “Semua ya pasti mendukung, masa enggak mendukung sih?” ujar Jazilul, Jumat (15/11/2019).

Wakil Ketua MPR ini mengatakan, bahwa banyak anak muda saat ini alergi dengan politik. Maka ketika Gibran yang dari kalangan milenial menyatakan niat terjun ke politik, tidak ada alasan untuk tidak mendukungnya. “Anak-anak muda milenial ini banyak yang alergi di politik, biar dikasih contoh sama Mas Gibran,” katanya.

Sesuai aturan, kata dia, untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) dibutuhkan dukungan minimal 20% parpol di daerah. “Kalau ada 20% parpol yang mengusung maka Mas Gibran bisa jadi calon wali kota. Melihat dari komposisi yang ada, saya pikir mampulah Mas Gibran untuk meyakinkan 20% parpol-parpol yang ada di Solo. Mampulah masak gak mampu sih,” ujarnya.

Sekali pun menyatakan akan memberikan dukungan, namun secara formal belum ada pembicaraan antara pihak Gibran dan PKB. “Kalau secara formal belum, tapi PKB baru melihat dari jauh keseriusan Mas Gibran. Itu belum kita nilai serius karena belum pernah datang ke PKB. Tapi PKB mengapresiasi karena Mas Gibran ini masih sosok yang muda, ingin berkarya,” ujarnya.

BACA JUGA:  Google Tidak Terima Iklan Kampanye Politik di Singapura

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebelumnya juga membuka peluang untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka Pilwalkot Solo 2020. Sinyalemen itu berawal dari pernyataan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto yang melirik Gibran untuk diusung pada Pilkada 2020. PKS berencana menduetkan Gibran dengan kadernya, Abdul Ghofar. PKS Solo juga akan membangun komunikasi dan melakukan penjajakan dengan Gibran.

Sekretaris Jenderal DPP PKS Mustafa Kamal akan menerima masukan dari daerah siapa-siapa saja calon yang akan diusung pada Pilkada 2020 mendatang.

“Semuanya kita akan gali dari daerah karena kader-kader PKS mempunyai aspirasi mempunyai forum musyawarah untuk mengusulkan kepada DPP dan pada akhirnya kita akan putuskan. Kita akan lihat dari Solo misalnya ada beberapa nama atau dari Boyolali, dari tempat-tempat yang lain ada nama-nama yang lain ya kita akan pertimbangkan di pusat,” tutur Mustafa, Kamis (14/11/2019).

 

Comments

comments

Loading...
loading...