25 Hektar Lahan Gambir dan Cengkeh Ludes Terbakar

lahan gambir,cengkeh,hektar
Sekitar 25 hektar lahan di Bukit Taluak, Nagari Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) ludes terbakar.

Kebakaran terjadi sejak Kamis (29/7/2021) sore dan api terus berkobar hingga malam hari. Dari 25 hektar lahan yang terbakar, 10 hektar di antaranya adalah kebun gambir dan cengkeh.

Kepala Bidang Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Pesisir Selatan, Agung mengatakan, Api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas dibantu oleh TNI dan Polri serta warga setempat Jumat (30/7/2021) dini hari.

“Sekarang kondisinya sudah aman. Api sudah berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 01.04 WIB Jum’at dini hari tadi,” jelas Agung.

Meski demikian, pihaknya juga belum bisa memberikan informasi pasti soal penyebab kebakaran. Awalnya, kata dia, peristiwa kebakaran itu dilaporkan oleh Koramil Batang Kapas dan petugas langsung bergerak menuju lokasi untuk melakukan upaya pemadaman.

“Kami belum tahu apa penyebab kebakaran. Namun, api sudah begitu besar saja, sehingga tim kita bergerak cepat menuju lokasi,” ulasnya.

Saat pemadaman, petugas tidak bisa langsung menuju titik lokasi api, karena medan yang sulit. Lokasi kebakaran berada pada bukit yang terjal dan sulit dijangkau petugas. Selain itu, sarana dan prasarana yang kurang juga tidak memungkinkan untuk mencapai puncak bukit.

“Dengan kondisi itu, kami berupaya melakukan pemadaman dari bawah perbukitan. Kami mengantisipasi agar api tidak meluas dan menjalar ke permukiman warga,” ujarnya.

Akibat perisitiwa tersebut kerugian ditaksir mencapai puluhan juta. Kerugian ini, karena sebagian lahan gambir dan cengkeh masyarakat yang berada di Bukit Taluak Ujung Batu tersebut hangus terbakar.

Anggota Koramil Batang Kapas, Serda Agus yang langsung terjun mengujungi lokasi kebakaran hingga ke Puncak Bukit mengatakan, rata-rata yang paling banyak terbakar adalah lahan kosong.

Ia memperkirakan, lahan kosong yang terbakar sekitar 15 hektar, lahan cengkeh dan gambir sekitar 10 hektar.

“Iya, tadi kita cek ke lokasi. Kurang lebih sekitar 25 hektar lahan terbakar di Puncak Bukit Taluak,” katanya.

Dari informasi yang ditelusuri Agus, adapun pemilik lahan yang terbakar tersebut terdiri dari 10 orang warga Nagari Taluak. Satu orang pemilik lahan gambir bernama Riko (30) tahun.

 Kemudian pemilik lahan cengkeh adalah, Iman (58) tahun, Isam (65) tahun, Pitam (45) tahun, dan Kubat (83) tahun. Selanjutnya, Isul (73) tahun, Siong (64) tahun, Bailis (64) tahun, Uwar (61) tahun, dan Nurana (65) tahun.(Kay)

 

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments