Iklan
Iklan

3 Pasangan Calon ANIES-AHY, Ganjar-Airlangga, Prabowo-Puan, Siapa Pemenangnya?

- Advertisement -
3 pasangan calon untuk Pilpres 2024 yaitu Anies-AHY, Ganjar-Airlangga, dan Prabowo-Puan, menurut hasil survey Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) apabila terwujud maka terjadi persaingan yang sangat ketat.

Saiful Mujani, pendiri SMRC menjelaskan bahwa jika yang bertarung hanya dua pasangan calon, di mana Prabowo Subianto – Puan Maharani melawan Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono, Prabowo-Puan akan mendapatkan 41 persen, Anies-AHY 37,9 persen. Namun, ada 21 persen yang belum menentukan pilihan.

“Suara dua pasangan ini dinilai seimbang karena selisihnya di bawah margin of error. Dukungan pada dua pasangan ini secara statistik tidak berbeda secara signifikan,” ungkap Saiful, Kamis (21/4/22).

Apabila pasangan calon Prabowo-Puan berhadapan melawan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto juga akan terjadi persaingan ketat.

[democracy id=”4″]

Pada simulasi ini, Prabowo-Puan didukung 39,3 persen, sementara dukungan pada Ganjar-Airlangga 40,3 persen suara. Masih ada 20,5 persen yang belum menentukan pilihan.

Saiful mengungkapkan bahwa jika polanya seperti ini, belum bisa diperkirakan pasangan mana yang akan unggul. Hanya saja, lanjutnya, jika kita lihat Prabowo yang sudah berkali-kali mengikuti kontestasi ini, kemungkinan untuk menaikkan suaranya lebih berat dibanding Ganjar atau Anies.

“Saya kira di akhir tahun, kemungkinan pasangan ini akan semakin mengerucut,” ujarnya.

Survei ini dilakukan pada 1220 responden yang dipilih secara acak dengan metode stratified multistage random sampling terhadap keseluruhan populasi atau warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih, yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1027 atau 84%. Sebanyak 1027 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,12% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling). Wawancara tatap muka dilakukan pada 13 – 20 Maret 2022.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA