Beranda TEKNOLOGI OTOMOTIV 5 Cara Atasi Motor Mogok Pake Obeng dan Kunci Mesin

5 Cara Atasi Motor Mogok Pake Obeng dan Kunci Mesin

Motor mogok merupakan kondisi yang sering dialami pengguna. Jika Anda tak mengerti tentang mesin dan kebetulan bengkel jauh saat motor mogok, Anda bisa lakukan beberapa tips di bawah ini dengan syarat memiliki kunci mesin motor dan obeng.

Biasanya motor mogok terjadi karena busi mengalami kerusakan, kiprok tidak berfungsi, permasalahan injektor dan karburator. Jika salah satuhal tersebut terjadi, maka Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini, ulasan dari Otomotif.com

1. Periksa Volume Bensin

Hal ini paling sering terjadi, jika fuel meter gauge mengalami kerusakan. Anda bisa mengecek bensin secara manual dengan melihat tanki bensin motor secara langsung.

2. Mengecek Fungsional Pompa Bensin (EFI)

Keberadaan pompa diperlukan untuk membangkitkan tekanan bahan bakar. Pompa bensin (EFI) ini terletak di dalam tanki. Cara mengeceknya, putar kunci ke posisi “ON” dan dengarkan dengungan motor di dalam tanki.

Jika terdengar dengungan maka fuel pump berfungsi; jika tidak terdengar suara dengungan kemungkinan fuel pump bermasalah.

Apabila fuel pump bermasalah, Anda harus membongkar pompa dan membersihkannya. Perhatikan, jangan sampai kabel putus. Bila kondisinya demikian, segera sambung atau ganti kabel dengan yang baru.

Periksa indicator check engine. Indikator akan menyala, jika terjadi masalah semisal mogok terkait sistem efi.

motor 2154575 1280

3. Perhatikan Kelistrikan Motor

Saat mesin beroperasi, kelistrikan didapat dari alternator dan kiprok yang ada pada aki. Jika, salah satu komponen ini rusak maka tidak ada suplai listrik ke baterai, hal ini akan menjadi salah satu penyebab motor kalian mendadak mati.

Oleh sebab itu, Anda harus mengecek kelistrikan motor dengan membongkar komponen alternator atau kiprok. Hal ini dilakukan untuk mengetahui komponen apa yang mengalami kerusakan.

mogok

4. Memeriksa Busi dan Pengapian

Untuk para pengguna, inilah pentingnya peralatan obeng dan kunci busi harus tersedia di bagasi motor kalian. Hal ini bisa Anda gunakan untuk membuka busi.

Motor matik lebih rumit karena mesinnya terletak di bawah jok, sehingga kita harus membuka penutupnya terlebih dahulu. Gunakan kunci busi dan obeng untuk membuka busi motor kalian.

Jika busi sudah terlepas lihat kondisi businya. Busi yang basah menandakan busi itu sudah mati akibat bahan bensin yang tidak terbakar menempel di sekitar elektroda mesin. Tetapi, jika kondisi busi kering serta hitam menandakan masalah pada karburator.

Sedangkan busi yang memercikan api namun tidak terdapat bensin di ruang bakar, sama halnya tidak terjadi pembakaran.

karburator motor

5. Mengecek Karburator

Sela motor saat kondisi kunci kontak “ON”. Dengan demikian Anda dapat mencium bau bensin dari lubang busi. Apabila tidak berbau bensin adan hanya ada udara, berarti bensin dari karbu tidak keluar. Anda harus melakukan overhoule karburator untuk mengatasinya.

Mesin dapat bekerja karena tiga elemen, yaitu: api, bensin, dan udara. Apabila ketiga hal tersebut taka da, motor tak bisa menyala.

Semoga dengan cara di atas motor Anda bisa Kembali menyala. Jangan lupa lakukan perawatan secara berkala untuk menghindari mogok.