Beranda INFO SEHAT HERBAL 5 Manfaat Bawang Bombai, Si Penangkal Radikal hingga Pencegah Berbagai Kanker

5 Manfaat Bawang Bombai, Si Penangkal Radikal hingga Pencegah Berbagai Kanker

Bawang bombai menawarkan sejut khasiat bagi pengonsumsinya. Mulai dari menangkal radikal bebas hingga mencegah dari kanker.

Dalam satu siung bawang bombai, Anda dapat menemukan antioksidan alami, asam folat, garam, gula, kalium, karbohidrat, serat, serta vitamin A dan C.

Nutrisi tersebutlah yang menjadikan bawang bombai baik untuk Kesehatan. Mengutip dari Alodokter, berikut penjelasan kandungan nutrisi di dalamnya.

1. Penangkal radikal bebas

Senyawa yang berperan sebagai penangkal radikal bebas ialah antioksidan dan senyawa antiradang. Antioksidan akan menangkal radikal bebas berlebih yang bisa memicu kerusakan sel-sel dan menyebabkan beragam penyakit. Bagian terluar dari bombai merupakan tempat terkaya antioksidan.

bombai

2.  Menjaga kadar gula darah

Penderita diabetes atau prediabetes sangat dianjurkan mengonsumsi bawang ini, sebab dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Alodokter menyebutkan sebuah studi mengungkapkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi bawang bombai mentah, sekitar 100 gram per hari, terbukti mengalami perbaikan kadar gula darah.

bombai2

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan berikutnya yang meningkatkan daya tahan tubuh ialah antioksidan dan vitamin C. Dua kandungan tersebut mampu mengaktifkan dan memperkuat sel darah putih yang bertugas melindungimu dari berbagai serangan virus dan bakteri, termasuk virus Corona.

4. Penjaga sistem pencernaan

Bawang bombai serat dan prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan, melancarkan buang air besar dan kesehatan usus secara menyeluruh.

Sifat antibakteri yang dikandungnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya semacamB. cereus dan S. aureus. Dengan mengonsumsinya, risiko kamu mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare, akan menurun.

BAWANG BOMBAI

5. Turunkan risiko mengalami kanker

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi bawang bombai mampu menekan risiko mengalami beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, payudara, dan usus besar.

Untuk mendapatkan khasiat maksimal, cobalah mengonsumsi bawang ini dalam keadaan mentah. Namun, efek lain akan timbul seperti bau badan dan bau mulut yang kurang sedap.

Juga bawang ini berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan, seperti nyeri ulu hati dan perut bergas, pada orang yang memiliki irritable bowel syndrome.