INTERNASIONAL

500.000 Warga Oregon Kabur dari Kebakaran Hutan

oregon kebakaran hutan
Lebih dari setengah juta warga di negara bagian Oregon AS melarikan diri dari kebakaran hutan mematikan yang mengamuk di seluruh wilayah barat laut Pasifik, kata pihak berwenang.

Dipicu oleh angin yang sangat panas dan kering, lusinan asap menyapu negara bagian itu, dan setidaknya satu orang diperlakukan sebagai tersangka pembakaran.

Gubernur Kate Brown mengatakan jumlah pasti korban jiwa belum diketahui, meski setidaknya ada tiga yang dikonfirmasi.

Lebih dari 100 kebakaran hutan saat ini menghanguskan 12 negara bagian AS bagian barat.

Oregon, California dan Washington telah menanggung beban terbesar dari kebakaran hutan, yang dalam beberapa kasus telah menghancurkan seluruh kota.

oregon kebakaran hutan

Sekitar 4,4 juta hektar telah hangus, menurut National Interagency Fire Center.

Rich Tyler, juru bicara Oregon State Fire Marshal, mengatakan kepada New York Times: “Ketika Anda memiliki api yang membakar rumah dan toko, Anda memiliki saluran gas terbuka yang masih memuntahkan gas natural, dan itu juga menyala. ”

Pada Kamis malam, Kantor Manajemen Darurat Oregon mengkonfirmasi angka evakuasi terbaru, yang berjumlah lebih dari 10% dari 4,2 juta penduduk negara bagian itu.

Gubernur Brown, seorang Demokrat, mengatakan dalam konferensi pers pada hari Kamis: “Kami belum pernah melihat jumlah kebakaran yang tidak terkendali ini di seluruh negara bagian.”

Di antara pengungsi lebih dari 1.300 sebagian besar tahanan perempuan dari Fasilitas Pemasyarakatan Coffee Creek di Wilsonville.

oregon kebakaran hutan

Penjara ini terancam oleh dua kebakaran hutan besar yang diyakini pihak berwenang akan segera bergabung.

Di antara para korban di Oregon adalah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun dan neneknya, yang tewas dalam kebakaran hutan dekat Lyons, 112 km selatan Portland.

BACA JUGA:  Blokir TikTok, Donald Trump Dianggap Lawan Konstitusi

Salah satu kebakaran Oregon yang paling merusak, Almeda Fire, yang dimulai di Ashland dekat perbatasan dengan California, dianggap oleh polisi sebagai sesuatu yang mencurigakan.

Api Almeda telah dikaitkan dengan setidaknya dua kematian dan menghancurkan ratusan rumah di kota Phoenix dan Talent.

Kepala Polisi Ashland Tighe O’Meara berkata: “Kami memiliki alasan kuat untuk percaya bahwa ada unsur manusia di dalamnya.”

oregon kebakaran hutan

Tapi rumor bahwa kebakaran di daerah Douglas County dimulai oleh anggota kelompok sayap kiri “anti-fasis” atau sayap kanan Proud Boys telah diabaikan oleh polisi.

Kebakaran hutan Oregon juga telah mendorong evakuasi massal di pinggiran kota Portland.

Menurut surat kabar Portland Tribune, polusi di kota tersebut pada hari Kamis menduduki peringkat tertinggi di dunia, di atas Jakarta, Indonesia; Delhi, India; dan Lahore, Pakistan.

loading...