Iklan
Iklan

6 Manfaat Minuman Herbal untuk Kesehatan

- Advertisement -
Manfaat minuman herbal untuk kesehatan tubuh telah dipercaya sejak lama. Minuman yang terbuat dari seduhan rempah dan tanaman herba ini juga kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, masih banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi minuman herbal.

Indonesia dikenal kaya akan rempah dan tanaman obatnya. Bahan-bahan tersebut sering kali diolah menjadi minuman herbal yang kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh.

Bahan-Bahan Minuman Herbal dan Cara Membuatnya

Minuman Herbal

Minuman herbal sering disebut juga minuman sehat karena bahan-bahan yang digunakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis rempah atau tanaman herba yang umum digunakan dalam pembuatan minuman herbal:

  • Rimpang, seperti jahe, kunyit, kencur, dan temulawak
  • Daun, seperti daun sirih dan lidah buaya
  • Batang, seperti sereh
  • Kulit kayu, seperti kayu manis
  • Bunga, seperti bunga krisan (chrysanthemum)
  • Madu

Cara membuat minuman herbal pun cukup mudah. Anda dapat menyeduh salah satu atau mencampur beberapa bahan di atas.

Misalnya, bila ingin membuat minuman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, Anda dapat menyiapkan 2 ruas jahe merah, 1 buah jeruk nipis, 3 batang kayu manis, gula merah, dan 3 cangkir air.

Berikut ini adalah cara pembuatannya:

  • Cuci bersih semua bahan.
  • Tumbuk jahe merah hingga pipih.
  • Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan semua bahan dan rebus selama 15 menit.
  • Setelah hasil rebusan agak dingin, angkat bahan-bahannya dan saring air rebusan untuk diminum. Anda dapat menikmati minuman herbal ini 1½ cangkir per harinya.

Selain ramuan jahe merah, beras kencur juga diketahui dapat memperkuat imunitas tubuh. Anda cukup menyiapkan 50 gram kencur, 100 gram beras, 3 lembar daun pandan, gula aren, dan air.

Berikut ini adalah cara pembuatannya:

  • Sangrai beras hingga kekuningan, lalu haluskan.
  • Haluskan kencur dan gula, lalu masukkan bersama beras yang telah dihaluskan tadi ke dalam air. Tambahkan daun pandan, kemudian rebus hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, dinginkan, lalu saring. Anda dapat mengonsumsi beras kencur ini sebanyak 2 kali sehari.

Manfaat Minuman Herbal untuk Kesehatan

Minuman Herbal

Berkat bahan-bahan yang digunakan, minuman herbal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Minuman yang mengandung jahe atau temulawak dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena sifat antiinflamasi dan minyak esensial yang terkandung di dalamnya dapat melawan bakteri dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Minuman yang mengandung lidah buaya, jahe, atau daun sirih berkhasiat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat meredakan gejala radang usus, seperti kram perut dan diare berdarah, sedangkan daun sirih dapat mengatasi gangguan pencernaan.

3. Mencegah diabetes

Ada beberapa bahan dalam minuman herbal yang diketahui bermanfaat untuk mencegah diabetes, seperti kayu manis, bunga krisan (chrysanthemum), kunyit, kencur, dan jahe.

Selain itu, bahan-bahan herba ini juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita kencing manis.

4. Meredakan keluhan datang bulan

Bagi sebagian wanita, premenstrual syndrome (PMS) atau sindrom pramenstruasi terasa cukup mengganggu, bahkan bisa sampai memengaruhi aktivitas sehari-hari. Minuman ini yang mengandung kunyit diketahui dapat meredakan nyeri dan gangguan mood yang disebabkan PMS.

5. Mencegah kanker

Radikal bebas berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan kanker. Nah, bahan-bahan yang terkandung dalam minuman, seperti kunyit, kencur, temulawak, dan jahe, umumnya kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

6. Meredakan batuk

Tambahan madu dalam minuman herbal dapat meredakan batuk. Anda juga dapat membuat minuman herbal dari daun sirih untuk mengatasi batuk dan pilek.

Masih ada banyak manfaat minuman ini lainnya, termasuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan hati, dan mencegah penyakit kronis. Hal ini karena minuman ini yang mengandung rempah-rempah dan tanaman herba mengandung banyak zat antioksidan, terutama flavonoid dan polifenol.

Namun, dalam membuat minuman ini, Anda perlu memperhatikan jenis dan komposisi bahan yang digunakan, serta takarannya. Pengolahan dan penyajiannya juga harus dilakukan dengan benar agar manfaat minuman herbal bisa maksimal.

Selain itu, minuman herbal yang Anda buat sebaiknya langsung dihabiskan dan jangan disimpan terlalu lama.

Jika tidak yakin atau tidak memiliki waktu untuk membuat minuman herbal sendiri, Anda dapat membeli minuman ini kemasan atau jamu modern yang dijual di pasaran. Namun, pastikan untuk membeli produk yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin.

Pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa bahan pengawet, tanpa endapan, serta diproses secara higienis agar mutu, keamanan, dan manfaatnya terjaga.

Meski ada banyak manfaat minuman ini bagi kesehatan, perlu diingat bahwa minuman ini tidak bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit. Konsultasikanlah dulu ke dokter sebelum mengonsumsi minuman ini jika Anda sedang menggunakan obat-obatan dari dokter, memiliki kondisi medis tertentu, sedang hamil, atau sedang menyusui.

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA