Beranda MIMBAR 9 Hal Membatalkan Ibadah Puasa

9 Hal Membatalkan Ibadah Puasa

Ibadah Puasa
Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban umat Islam, selama satu bulan penuh kita akan jalankan perintah Allah SWT.

Perintah menjalankan ibadah puasa sudah tertulis dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi sebagai berikut.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn.”

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Namun, saat menjalankan ibadah puasa, Anda harus berhati-hati. Jangan sampai Anda melakukan sembilan hal yang dapat membatalkan puasa Ramadan ataupun Sunnah.

1. Makan dan minum dengan sengaja

Saat menjalankan ibadah puasa, kita diwajibkan untuk menjaga diri dari hawa nafsu serta tidak makan dan minum sejak imsak hingga waktu berbuka. Namun, jika kamu melakukan makan dan minum dengan sengaja, maka ibadah puasa yang sedang kamu lakukan batal. Kamu tidak dapat melanjutkan puasa dan berhutang puasa yang bisa kamu ganti di hari lain.

Tapi, jika kamu lupa kemudian makan dan minum dengan tidak sengaja, puasa kamu tidak batal. Kamu bisa segera melanjutkan puasa kembali.

2. Bersetubuh atau melakukan hubungan suami-istri di siang hari

Hal selanjutnya yang dapat membatalkan puasa adalah bersetubuh atau melakukan hubungan suami-istri di siang hari dalam keadaan puasa. Melakukan hubungan suami-istri di bulan Ramadan tetap diperbolehkan asalkan dilakukan setelah waktu berbuka atau di malam hari.

3. Muntah dengan sengaja

Melakukan hal yang dapat memicu muntah atau mengeluarkan kembali makanan dari perut melalui mulut secara sengaja dapat membatalkan puasa. Namun, jika kamu muntah dalam keadaan tidak disengaja, puasa kamu tidaklah batal.

BACA JUGA  8 Doa Pendek Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H

4. Merokok dengan sengaja

Selain makan dan minum, merokok dengan sengaja di siang hari juga dapat membatalkan puasa. Sebab, dalam proses merokok, kita memasukan asap ke dalam tubuh. Hal ini tentu membatalkan puasa.

5. Memasukan benda ke dalam lubang tubuh dengan sengaja

Bukan hanya merokok, memasukan benda apapun ke dalam lubang tubuh dengan sengaja juga menyebabkan batalnya puasa kita. Lubang yang dimaksud adalah mulut, telinga, hidung, qubul, dan dubur.

6. Haid atau nifas

Bagi perempuan, jika di siang hari tiba-tiba saja keluar darah haid atau melahirkan, maka puasa yang sedang dilakukan menjadi batal. Selama masa haid dan nifas, perempuan tidak diperbolehkan untuk berpuasa. Kita diperbolehkan berpuasa kembali setelah masa haid dan nifas selesai. Untuk mengganti puasa yang batal tersebut, kita bisa membayarnya dengan berpuasa di hari lain.

7. Gila atau hilang akal

Beribadah wajib dilakukan bagi mereka yang berakal. Jika pada siang hari tiba-tiba saja seseorang mengalami hilang akal atau gila, maka puasa yang mereka lakukan menjadi batal.

8. Keluar air mani dengan sengaja bagi laki-laki

Bagi laki-laki yang dengan sengaja mengeluarkan air mani atau ejakulasi, maka puasa yang dilakukannya batal. Ia wajib mengganti puasa yang batal itu dengan berpuasa di hari lain.

9. Murtad atau keluar dari Islam

Puasa Ramadan diwajibkan bagi umat Islam. Jika seseorang memutuskan untuk murtad atau keluar dari Islam, maka puasa yang sedang dilaksanakannya menjadi batal.

Itulah tadi sembilan hal yang membuat puasa Ramadan ataupun Sunnah kita batal. Semoga saja kita terhindar dari hal-hal tersebut agar kita dapat menjalani puasa dengan lancar.

Facebook Comments