Iklan
Iklan

9 Jurusan Lulusan Perguruan Tinggi Bisa Bergaji Hingga Rp 600 Juta Lebih

- Advertisement -
Mahasiswa lulusan perguruan tinggi hanya Sebagian kecil yang mendapatkan peluang kerja baik di pemerintah maupun swasta. Apalagi untuk mendapatkan pekerjaan para lulusan perguruan tinggi ini rata-rata haru sesuai minat dan bakatnya.

Namun, tidak tertutup kemungkinan para lulusan perguruan tinggi langsung mendapatkan pekerjaan bahkan dengan gaji yang sangat fantastis. Makanya, para calon mahasiswa harus cerdas membaca peluang sebelum mengambil salah satu jurusan di perguruan tinggi.

Inilah 9 jurusan perguruan tinggi yang lulusannya mendapatkan gaji yang cukup tinggi untuk dijadikan referensi bagi calon mahasiswa.

Jurusan Kedokteran

Hingga kini, jurusan kuliah kedokteran masih menjadi salah satu yang paling favorit menjadi pihan calon mahasiswa Indonesia. Apalagi, saat ini perguruan tinggi yang menyediakan pilihan Fakultas Kedokteran di Indonesia sendiri pun cukup banyak, baik itu kampus swasta maupun kampus negeri.

Menjadi seorang dokter akan memberi kesempatan yang luas untuk mendapatkan penghasilan tinggi. Gaji seorang dokter di sebuah rumah sakit swasta pun bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulannya.

Apalagi kalau menjadi dokter spesialis di bidang tertentu. Tambahan penghasilan juga bisa diraih ketika bisa membuka klinik atau tempat praktik sendiri.

Jurusan Teknik Informatika

Sarjana informatika atau Teknik Informatika (TI) sangat banyak dibutuhkan di dunia kerja seiring dengan berkembangnya teknologi digital dan online.

Hasil survei gaji 2018 oleh National Association of Colleges and Employers (NACE), gaji para programmer yang baru lulus di Amerika rata-rata bisa mencapai Rp 919 juta per tahun atau sekitar Rp 610 juta per tahun di Inggris.

Untuk sektor di bidang TI bahkan bisa mendapatkan gaji awal yang lebih tinggi seperti bidang software development, web development, atau network.

Jurusan Sistem Informasi

Sedangkan lulusan jurusan Sistem Informasi juga banyak dicari oleh perusahaan karena sekarang ini mayoritas perusahaan menggunakan teknologi. Pada hakekatnya, Sistem Informasi merupakan gabungan dari ilmu komputer, ekonomi manajemen, dan bisnis. Walaupun fokusnya tetap di programming, tetapi materi tentang bisnis perusahaan juga bisa dipelajari.

Bagi para mahasiswa yang telah mengambil jurusan ini akan belajar persoalan ekonomi, pengembangan sistem, sampai manajemen. Setelah mahasiswa lulus, diharapkan bisa menerapkan ilmu programming sesuai dengan kebutuhan perusahaan/organisasi.

Jurusan Data Science

Teknologi membuat teknik pengolahan data menjadi suatu hal yang sangat penting saat ini. Maka, data science menjadi ilmu yang semakin baik saat ini karena disiplin ilmu ini mampu mengolah big data.

Data science itu dibangun berdasarkan disiplin ilmu matematika, statistik, dan komputer. Dengan mempelajari data science, maka bisa membantu proses pengolahan data seperti pengumpulan data, manipulasi data, hingga analisis data.

Data science juga mengolah big data yang berisi data numerik, suara, gambar, teks, dan sebagainya. Hasil analisis dari seorang data scientist bisa menjadi pedoman untuk pengambilan keputusan sebuah perusahaan di masa depan. Sebab perannya sangat penting, peluang kerja dan nominal penghasilan yang bisa diraih pun sangat besar.

Jurusan Teknik Kimia

Jurusan Teknik kimia akan mempelajari cara memproses bahan baku atau materi mentah secara kimiawi menjadi sesuatu yang lebih berguna dan memiliki nilai ekonomi. Peluang kerja dari lulusan program studi Teknik Kimia pun cukup banyak.

Lulusan Teknik kimia bisa bekerja di industri makanan, kosmetik, pupuk, semen, gula, farmasi, gas, obat-obatan, pengolahan minyak dan lainnya. Pada umunya, perusahaan-perusahaan yang memiliki karyawan berasal dari lulusan ini akan memberikan gaji yang besar dan cukup menjanjikan.

Jurusan Bisnis Digital

Nah pasti sudah tahu ‘kan bisnis start-up? Anda bisa jadi ahli di bidang bisnis start-up atau marketplace apabila mengambil jurusan Bisnis Digital. Umunya, jurusan Bisnis Digital mempelajari bisnis yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi digital.

Di sini mahasiswa akan diajarkan mengenai segala hal yang berkaitan dengan startup digital, marketplace, big data, sampai artificial intelligence.

Peluang setelah lulus pun bisa bekerja di berbagai industri. Mulai dari perbankan hingga membuat startup sendiri di berbagai bidang. Juga bisa menjadi analis di berbagai bidang. Pentingnya ilmu yang kamu miliki membuat kamu bisa dibayar mahal oleh banyak perusahaan.

Jurusan Teknik Perminyakan

PayScale melakukan survey terhadap lulusan dari berbagai program studi jenjang sarjana di Amerika Serikat, menempatkan Teknik Perminyakan di urutan pertama.

Meskipun industri minyak dan gas dunia sedang lesu dan prospek kerja kedepan dari perminyakan diprediksi menurun, namun jurusan Teknik Perminyakan masih mencatat penghasilan tertinggi bagi para lulusannya.

Jurusan Teknik Mesin

Apabila menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan mesin? Tidak hanya laki-laki yang berminat di bidang ini, juga banyak wanita yang juga tertarik untuk mendalaminya lho.

Bagi yang suka dengan mesin, maka tidak ada salahnya untuk memilih jurusan ini. Apalagi di zaman teknologi yang terus berkembang pesat, tenaga mekanik akan semakin diperlukan untuk menjalankan proses produksi dengan lebih efisien juga efektif. Dengan keahlianmu, banyak industri mesin atau perusahaan yang akan menawarkan gaji cukup besar.

Jurusan Arsitektur

Kamu suka merancang bangunan? Jurusan Arsitektur akan membantu kamu mempelajari mengenai pengaplikasian teknik dan prinsip teknik ke dalam rancangan bangunan dan juga konstruksi.

Kemampuanmu dalam merancang sebuah bangunan seperti gedung bertingkat, hunian dan lainnya akan sangat berguna di dunia kerja kelak. Kamu bisa mendapat prospek kerja yang menjanjikan, mulai dari konsultan, perusahaan developer, atau kontraktor. Pendapatannya di bidang ini pun cukup besar.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA