Beranda NASIONAL Aceh Kini Dikepung Virus Corona, 2.022 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Aceh Kini Dikepung Virus Corona, 2.022 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Aceh
Aceh yang sebelumnya termasuk salah satu provinsi yang dinilai berhasil meredam penyebaran virus Corona (Covid-19). Namun kini hampir setiap hari puluhan warganya terkonfirmasi positif.

Berdasarkan data yang dirilis situs resmi Dinas Kesehatan Aceh pada Minggu (6/9/2020) pukul 17.29 WIB, tercatat sudah ada 2.022 kasus positif COVID-19 di provinsi paling barat Indonesia.

Kasus akumulatif COVID-19 di Aceh sebanyak 2.022 tersebut setelah bertambah 78 kasus baru jika dibanding hari sebelumnya. Peningkatan kasus terinfeksi virus corona sempat lambat di Aceh namun melonjak sejak Juli 2020.

BACA JUGA:  Inilah Hasil Akhir Seleksi CPNS BNPB Tahun Anggaran 2019, Selengkapnya Baca Di Sini

Selain penambahan kasus baru di Aceh, pasien COVID-19 yang meninggal dunia juga bertambah sebanyak 2 orang, masing-masingnya 1 warga Aceh Utara dan 1 warga Nagan Raya. Sementara untuk angka kesembuhan per hari ini nihil alias tidak ada penambahan pasien sembuh.

Update data COVID-19 di Aceh per 6 September 2020 di situs resmi Dinas Kesehatan Aceh© Disediakan oleh Kumparan Update data COVID-19 di Aceh per 6 September 2020 di situs resmi Dinas Kesehatan Aceh

BACA JUGA:  Hasil Seleksi CPNS Formasi 2019 Diumumkan Besok

Data dari situs resmi Dinkes Aceh, penambahan 78 kasus baru tersebut tersebar di sejumlah kabupaten/kota. Penambahan terbanyak pada hari ini berasal dari Kabupaten Aceh Besar sebanyak 28 kasus, disusul Kota Banda Aceh dengan jumlah 25 kasus.

Kemudian Aceh Tenggara, Pidie, dan Lhokseumawe masing-masing 3 kasus. Aceh Tengah dan Aceh Utara sama-sama 2 kasus. Kemudian Aceh Selatan, Aceh Timur, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Nagan Raya, Langsa dan Subulussalam masing-masing 1 kasus. Sisa 4 kasus lainnya warga luar daerah.

BACA JUGA:  Ngabalin Berharap Agar Polri Tangkap Refly Harun

Dengan bertambah 78 kasus baru tersebut, jumlah akumulatif COVID-19 di Aceh telah mencapai 2.022 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 78 orang meninggal dunia dan 700 orang dinyatakan sembuh. Sisanya sebanyak 1.244 orang dalam penanganan tim medis dan juga isolasi mandiri.

Aceh

Sejak kasus COVID-19 ditemukan pertama kali di Aceh pada 26 Maret 2020, saat ini seluruh wilayah Aceh atau 23 kabupaten/kota telah terjangkit. Tak ada lagi zona hijau di Serambi Makkah.

Ibu Kota Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh mencatat positif COVID-19 terbanyak dengan 655 kasus, disusul kabupaten tetangganya, Aceh Besar dengan 513 kasus.

BACA JUGA:  Kota Padang Jadi Daerah Tertinggi Aktif Covid-19 di Indonesia

Sebelumnya, menurut Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), kasus-kasus positif baru akan terus bertambah bila belum tumbuh kesadaran bersama, bahwa COVID-19 bisa dilawan dengan cara sangat sederhana.

Aceh
Pasien Sembuh di Aceh

“Virus corona tak leluasa menular apabila semua orang disiplin mencuci tangan dengan sabun, tidak berkerumun, menjaga jarak antarsesama, dan memakai masker seperti pakaian yang wajib dikenakan sehari-hari,” sebutnya dalam keterangan tertulis pada Jumat (4/9)

“Penyakit COVID-19 belum ada obatnya. Kita harus berupaya dengan sungguh-sungguh agar tidak tertular dengan cara disiplin mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak dengan orang lain, dan selalu memakai masker, terutama saat berada di luar rumah,” ujar SAG.

loading...