EKONOMI

Achmad Yurianto: Tidak Ada Larangan ke Pasar Beli Baju Baru untuk Lebaran

Achmad Yurianto
Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Virus Corona atau Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan bahwa aktivitas perekonomian bisa tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19 ini, termasuk untuk belanja keperluan lebaran Idul Fitri.

Achmad Yurianto, menegaskan aktivitas pasar tetap bisa dilakukan. Namun, dengan catatan harus mengikuti protokol kesehatan, seperti  menjaga jarak, wajib masker, cuci tangan dan membersihkan diri sepulang dari pasar.

“Tidak ada larangan untuk membeli baju yang baru, tidak ada larangan untuk ke pasar, namun tetap dengan etika sesuai protokol kesehatan,” ujar Achmad Yurianto di Kantor BNPB, Jumat (22/5/2020)

Achmad Yurianto meminta warga untuk menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun, karena ini merupakan cara yang paling bijak.

Namun, ia meminta tradisi lebaran lainnya seperti berkunjung ke rumah saudara agar ditiadakan dulu selama pandemi. Bahkan ia meminta warga agar tetap berada di rumah untuk menghentikan penularan. Sambungnya, ia juga menyadari tradisi lebaran ini sangat sulit dicegah.

Namun, ia berharap masyarakat memahami akan keselamatan diri sendiri dan orang lain dengan tetap di rumah. Tak hanya itu, ia juga meminta kepala daerah untuk melakukan koordinasi untuk mengawasi pergerakan warga di perbatasan agar tidak melakukan mudik.

“Oleh karena itu, mari kita sama-sama menyadari betul bahwa pergerakan apapun alasannya apabila tidak diperlukan sama sekali sebaiknya tidak dilakukan. Apalagi mudik,” ujarnya.

Comments

comments

BACA JUGA:  Mentan Janji Back-up Penuh Pertanian Maluku
loading...