Home Indeks Top Agama Rendang Dipertanyakan, Ustaz Adi Hidayat Menjawab

Agama Rendang Dipertanyakan, Ustaz Adi Hidayat Menjawab

Agama Rendang
Pernyataan Gus Miftah soal agama rendang direspons oleh penceramah Ustaz Adi Hidayat. Hal tersebut terkait kehebohan rendang babi yang disajikan salah satu rumah makan.

Dalam video yang beredar di media sosial, Ustaz Adi Hidayat menyinggung tradisi rendang halal sama halnya dengan budaya Indonesia.

“Jangan pernah mengecilkan apapun apalagi bila sudah menjadi tradisi,” kata Ustaz Adi Hidayat dalam video tersebut.

Dia lantas menyinggung terkait pernyataan Gus Miftah mengenai agama rendang.

“Ada pertanyaan sejak kapan rendang itu punya agama, apa jawabannya? Sejak batik, calung, angklung punya kewarganegaraan,” ujarnya.

Ustaz Adi Hidayat kemudian menjelaskan asal muasal makanan rendang tersebut kepada jemaah yang sedang mendengarkan tausiahnya.

“Rendang itu produk masyarakat Minang, budaya di Minang. Falsafah orang Minang itu berbunyi adat bersanding syariat agama yang bersanding dengan kitabullah,” tuturnya.

Menurut Ustaz Adi Hidayat, sesuatu yang sudah melekat pada budaya maka secara tidak langsung sudah ada hukumnya.

“Dalam kaidah ushul fiqh dikatakan Al-Adatu Muhakkamah kalau sudah melekat, sudah baik dikenal, maka jadi hukum, kalau sudah jadi hukum, maka dikenal oleh masyarakat, kalau berbeda dengan itu, maka akan ada sesuatu yang nyeleneh, menyimpang,” tuturnya.

“Orang Indonesia akan mengatakan batik itu budaya Indonesia, sudah melekat karena itu tidak ingin diklaim oleh negara lain,” lanjutnya.

Dia menilai bahwa pertanyaan soal agama rendang itu tidak ada manfaatnya karena makanan khas Minang itu sudah menjadi budaya.

“Jadi, jangan tanyakan tentang agamanya, kalau bertanya tentang agama pada makanan, itu namanya pertanyaan kurang kerjaan,” tuturnya.

Ustaz Adi Hidayat mengingatkan agar tidak ada lagi pernyataan aneh mengenai rendang.

“Pertanyaannya nyeleneh, jawabannya juga yang senapas dengan itu. Kalau sudah jelas, jangan aneh-aneh biar tidak muncul kegaduhan,” ungkapnya.

Iklan 7
Iklan 7
Exit mobile version