Iklan
Iklan

Amerika Serikat Desak Pasukan Rusia dan Turki Mundur dari Libya

- Advertisement -
Amerika Serikat telah menyerukan penarikan pasukan Rusia dan Turki dari Libya setelah tenggat waktu bagi mereka untuk pergi diabaikan.

Di bawah gencatan senjata yang didukung PBB yang ditandatangani pada Oktober tahun lalu, pasukan asing dan tentara bayaran harus ditarik keluar dari Libya dalam waktu tiga bulan.

Batas waktu itu berlalu pada hari Sabtu tanpa ada pergerakan di lapangan.

“Kami meminta semua pihak eksternal, termasuk Rusia, Turki dan UEA, untuk menghormati kedaulatan Libya dan segera menghentikan semua intervensi militer di Libya,” kata penjabat duta besar Amerika Serikat Richard Mills pada hari Kamis selama pertemuan Dewan Keamanan PBB di Libya, yang telah menyaksikan pertempuran selama satu dekade sejak penggulingan penguasa lama Muammar Gaddafi.

amerika serikat rusia turki libya

“Sesuai dengan perjanjian gencatan senjata Oktober, kami meminta Turki dan Rusia untuk segera memulai penarikan pasukan mereka dari negara itu dan penarikan tentara bayaran asing dan proxy militer yang telah mereka rekrut, biayai, sebarkan dan dukung di Libya,” kata Mills.

Pernyataan itu muncul setahun setelah KTT Berlin mempertemukan pendukung dari faksi-faksi utama yang bertikai di Libya, dengan para pemimpin dunia berjanji untuk mengakhiri campur tangan asing dan bekerja menuju gencatan senjata permanen.

Perkembangan terbaru kemungkinan akan dipusatkan pada Turki dan UEA tentang bagaimana mereka akan menangani pemerintahan Biden yang baru.

amerika serikat rusia turki libya

Dia menyoroti bahwa Gedung Putih menunda kesepakatan penjualan senjata yang disetujui oleh pemerintahan Trump untuk menjual 50 jet tempur F-35 ke UEA.

PBB memperkirakan ada sekitar 20.000 tentara asing dan tentara bayaran yang membantu pihak lawan di Libya: Government of National Accord (GNA) yang diakui PBB di Tripoli dan komandan militer pemberontak Khalifa Haftar di timur.

Turki mendukung GNA. Ia juga memiliki pangkalan militer di Al-Watiya di perbatasan dengan Tunisia di bawah kesepakatan militer 2019.

Desember lalu, Ankara memperpanjang 18 bulan otorisasinya untuk penempatan pasukan Turki di Libya, yang tampaknya mengabaikan kesepakatan gencatan senjata.

amerika serikat rusia turki libya

Haftar mendapat dukungan dari UEA, Prancis, Mesir, dan Rusia.

Sebagian besar pasukan asing terkonsentrasi di sekitar Sirte, di pangkalan udara Al-Jufra yang dikuasai oleh pasukan Haftar 500 km di selatan Tripoli dan lebih jauh ke barat di Al-Watiya.

Moskow menyangkal adanya hubungan dengan tentara bayaran, tetapi para ahli PBB Mei lalu mengkonfirmasi keberadaan kelompok Wagner, yang diduga dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA