INTERNASIONAL

Amerika Serikat Pulangkan 2.200 Tentara dari Irak

amerika serikat irak
Amerika Serikat akan menarik lebih dari sepertiga tentaranya dari Irak dalam beberapa minggu, kata komandan tertinggi Timur Tengahnya.

Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan kepada wartawan bahwa kehadiran pasukan akan dikurangi dari sekitar 5.200 menjadi 3.000 selama September.

Mereka yang tersisa akan terus membantu pasukan keamanan Irak dalam “membasmi sisa-sisa terakhir” dari kelompok ISIS.

amerika serikat irak

Bulan lalu, Presiden AS Donald Trump menegaskan kembali bahwa dia berencana menarik semua pasukan keluar dari Irak secepat mungkin.

Dia diperkirakan akan memuji pengurangan pasukan sebagai kemajuan menuju janji kampanyenya pada pemilu 2016 untuk memisahkan AS dari “perang tanpa akhir”.

Kehadiran pasukan AS juga menjadi masalah besar di Irak sejak AS membunuh jenderal tertinggi Iran Qasem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak di Baghdad pada Januari.

amerika serikat irak

Beberapa hari kemudian, parlemen Irak mengeluarkan undang-undang yang memerintahkan pemerintah untuk menghentikan operasi pasukan asing di tanah Irak, meskipun itu belum dilaksanakan.

Amerika Serikat juga menuduh milisi Irak yang didukung Iran meningkatkan serangan roket di pangkalan yang menampung pasukannya sejak itu, termasuk satu di bulan Maret yang menewaskan dua orang Amerika dan satu tentara Inggris.

amerika serikat irak

BACA JUGA:  Hampir 400 Ekor Paus Mati Terdampar di Australia
loading...