Beranda INTERNASIONAL Amerika Serikat Tahan Mantan Menteri Meksiko

Amerika Serikat Tahan Mantan Menteri Meksiko

amerika serikat meksiko
Amerika Serikat menangkap mantan menteri pertahanan Meksiko Jenderal Salvador Cienfuegos, yang memimpin angkatan bersenjata negara itu selama enam tahun di bawah mantan Presiden Enrique Peña Nieto. Dia ditangkap di Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat, kata diplomat Meksiko, Kamis.

Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard tidak mengatakan penyebab Cienfuegos ditahan. Dia menulis di akun Twitternya bahwa Duta Besar Amerika Serikat Christopher Landau telah memberi tahu dia tentang penangkapan jenderal tersebut.

Ebrard menulis bahwa Konsul Meksiko di Los Angeles akan memberitahunya tentang dakwaan “dalam beberapa jam ke depan”, dan bahwa Cienfuegos berhak menerima bantuan konsuler. Dia tidak merinci apakah jenderal itu ditangkap di bandara saat tiba atau meninggalkan negara itu.

amerika serikat meksiko

Cienfuegos menjabat dari 2012 hingga 2018 sebagai menteri pertahanan di bawah Peña Nieto. Dia adalah mantan pejabat kabinet berpangkat tertinggi yang ditangkap sejak pejabat tinggi keamanan Meksiko Genaro Garcia Luna ditangkap di Texas, Amerika Serikat, pada 2019. Garcia Luna, yang bertugas di bawah mantan Presiden Felipe Calderon, telah mengaku tidak bersalah atas tuduhan perdagangan narkoba.

Cienfuegos berusia 72 tahun dan telah pensiun dari tugas aktif. Departemen Pertahanan Meksiko belum berkomentar terhadap penangkapan tersebut.

Apa pun tuduhannya, itu akan menjadi pukulan berat bagi Meksiko di mana angkatan darat dan angkatan laut merupakan beberapa dari sedikit lembaga publik yang masih dihormati.

Sementara Presiden saat ini Andrés Manuel López Obrador berjanji untuk mengejar koruptor dan pelanggar hukum di bawah pemerintahan sebelumnya, dia juga lebih mengandalkan tentara – dan menugaskannya dengan lebih banyak tugas, mulai dari membangun proyek infrastruktur hingga mendistribusikan pasokan medis – daripada presiden lainnya. dalam sejarah terkini.

BACA JUGA:  Pollycarpus Mantan Terpidana Pembunuhan Munir Meninggal Dunia

amerika serikat meksiko

Di bawah Cienfuegos, tentara Meksiko sering dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia, tetapi itu berlaku baik untuk pendahulunya dan penggantinya di pos.

Skandal terburuk dalam masa jabatan Cienfuegos melibatkan pembunuhan oleh tentara pada 2014 di sebuah gudang gandum.

Pembantaian Juni 2014 melibatkan tentara yang menewaskan 22 tersangka di gudang di kota Tlatlaya. Sementara beberapa tewas dalam baku tembak dengan patroli militer – di mana seorang tentara terluka – penyelidikan HAM kemudian menunjukkan bahwa setidaknya delapan dan mungkin sebanyak selusin tersangka dieksekusi setelah mereka menyerah.

amerika serikat meksiko

loading...