Iklan
Iklan

Ancaman Keamanan Penyimpanan Cloud Teratas dan Inilah Cara Memitigasinya

Banyak organisasi mengambil langkah menuju transformasi digital dan kerja jarak jauh untuk bertahan dalam bisnis sehubungan dengan peristiwa global baru-baru ini. Tren ini diperkirakan akan bertahan bahkan setelah pandemi Covid-19 berakhir. Salah satu pendukung utama transformasi digital adalah komputasi awan.

- Advertisement -
Solusi penyimpanan cloud memberikan akses yang fleksibel dan sesuai permintaan ke sumber daya, memungkinkan CIO untuk mengubah bisnis mereka secara digital.

Solusi berbasis penyimpanan cloud memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dan aplikasi di server jarak jauh dan mengakses semua data melalui internet. Dengan penyimpanan cloud, Anda dapat mengakses sumber daya, data, layanan, dan aplikasi di mana saja, kapan saja, selama Anda terhubung ke internet.

Tapi ada risiko. Penyimpanan cloud membuka pintu bagi orang lain untuk mengakses file Anda dari perangkat lain, dan di situlah keamanan cloud berperan.

Ancaman Keamanan Yang Dihadapi Penyimpanan Cloud

Hampir setiap organisasi telah mengadopsi komputasi awan ke berbagai tingkat dalam operasi mereka. Dengan sejumlah besar data yang masuk ke penyimpanan cloud, sumber daya ini menjadi target alami bagi pelaku ancaman online.

Memahami ancaman keamanan cloud dapat membantu organisasi mengambil langkah proaktif untuk melindungi diri mereka sendiri. Di bawah ini, kami melihat beberapa ancaman keamanan paling umum yang dihadapi pengguna layanan cloud.

Pelanggaran Data

Pelanggaran data adalah ancaman keamanan paling umum bagi pengguna layanan cloud. Data yang disimpan dalam sistem cloud lebih rentan terhadap pelanggaran hanya karena volume data yang mengalir antara pengguna (karyawan) dan cloud.

Penyerang dapat dengan mudah mencegat data ini, seperti yang terjadi pada pelanggaran Equifax 2017 di mana peretas mencuri dan mempublikasikan data pribadi milik lebih dari 147 juta orang Amerika.

Salah konfigurasi

Kesalahan konfigurasi adalah ancaman umum lainnya dalam sistem cloud. Sistem cloud dirancang agar mudah digunakan dan memfasilitasi berbagi data tanpa batas, sehingga sangat sulit bagi bisnis untuk memastikan bahwa sumber daya cloud hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang. Kurangnya kontrol dan visibilitas atas infrastruktur cloud mereka memudahkan bisnis untuk salah mengonfigurasi pengaturan cloud mereka, membiarkan data sensitif terekspos.

Ancaman Orang Dalam

Orang dalam yang jahat menimbulkan ancaman keamanan siber yang signifikan bagi organisasi mana pun. Ancaman orang dalam sudah memiliki akses resmi ke jaringan internal dan semua data sensitif yang dikandungnya.

Bisa jadi karyawan yang tidak puas, kontraktor, atau mitra bisnis tepercaya. Upaya untuk mendapatkan tingkat akses ini oleh ancaman eksternal adalah yang memperingatkan perusahaan tentang serangan yang akan datang. Akibatnya, mendeteksi ancaman orang dalam sangat sulit di cloud.

Pembajakan Akun

Ketika organisasi menjadi semakin bergantung pada layanan cloud untuk fungsi bisnis inti, pembajakan akun menjadi masalah keamanan cloud yang lebih serius. Banyak orang memiliki kebersihan kata sandi yang buruk, termasuk penggunaan kata sandi yang lemah dan penggunaan kembali kata sandi.

Satu kata sandi yang dicuri dalam pelanggaran data atau serangan phishing dapat digunakan untuk beberapa akun cloud.

Antarmuka dan API Tidak Aman

Dalam hal keamanan cloud, API dan antarmuka pengguna adalah vektor serangan yang umum. Antarmuka dan API memungkinkan pengguna untuk mengelola dan berinteraksi dengan layanan cloud, tetapi mereka juga dapat mengekspos lingkungan cloud ke pelaku jahat.

Pada tahun 2018, raksasa media sosial Facebook mengalami pelanggaran data di mana lebih dari 50 juta akun diretas. Para penyerang menargetkan fitur ‘Lihat Sebagai’, yang memungkinkan pengguna untuk melihat profil mereka sebagai orang lain.

Bagaimana Pengguna Dapat Mengamankan Perangkatnya

Data berpindah ke cloud dengan kecepatan luar biasa, tetapi keamanan tidak selalu sejalan. Berlawanan dengan kepercayaan umum, tanggung jawab utama untuk melindungi data bisnis di cloud terletak pada pelanggan cloud, bukan penyedia layanan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan pengguna layanan cloud untuk mengamankan data mereka dari berbagai ancaman keamanan cloud.

Terapkan Alat Keamanan

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi pelanggaran data dan ancaman keamanan lainnya di cloud adalah dengan melindungi data Anda menggunakan keamanan saat istirahat dan saat transit. Enkripsi adalah salah satu pencegah paling efektif untuk pelanggaran data.

Anda dapat mengenkripsi data saat istirahat menggunakan alat enkripsi desktop bawaan seperti FileVault dan BitLocker. Gunakan Virtual Private Network (VPN) untuk mengacak data dalam perjalanan. Unduh VPN untuk keamanan dan jauhkan peretas dari penyadapan data cloud.

Periksa Pengaturan Konfigurasi Anda

Memeriksa dan memverifikasi pengaturan konfigurasi Anda adalah salah satu langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk melindungi data organisasi Anda di cloud. Bagi banyak organisasi, satu-satunya cara untuk melakukannya adalah berdiskusi dengan penyedia layanan cloud Anda dan mencari jaminan bahwa pengaturan konfigurasi Anda telah diatur dengan benar. Penyedia layanan cloud yang baik akan membantu Anda mengevaluasi penggunaan penyimpanan cloud dan mengungkap potensi risiko apa pun.

Aktifkan Lansiran Akun

Layanan penyimpanan cloud harus dapat memberi tahu Anda tentang peristiwa akun yang signifikan. Anda mungkin bisa mendapatkan peringatan tentang aktivitas di dalam akun penyimpanan cloud Anda, termasuk proses masuk baru, file dan folder yang telah dihapus, dan pembagian yang telah dibuat. Lansiran akun dapat membantu Anda mendeteksi perilaku mencurigakan di antara pengguna dan mendeteksi orang dalam yang jahat.

Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Otentikasi Dua Faktor

Mempromosikan kebersihan kata sandi yang baik dalam organisasi Anda dapat membantu Anda mengurangi risiko pembajakan akun dan bentuk akses tidak sah lainnya. Dorong penggunaan kata sandi yang kuat dan unik yang sulit ditebak.

Pengelola kata sandi dapat membantu Anda membuat kata sandi yang kuat dan menjaganya tetap aman. Jika otentikasi dua faktor (2FA) tersedia, pastikan itu diaktifkan. Dengan 2FA, aktor jahat tidak dapat mengakses akun Anda meskipun mereka memiliki kredensial login Anda.

Pilih Penyedia Layanan Cloud Anda dengan Hati-hati

Saat mencari solusi berbasis cloud, Anda harus meneliti bagaimana layanan berencana menjaga keamanan data Anda. Memilih vendor penyimpanan cloud Anda dengan hati-hati dapat membantu menjaga penyimpanan cloud Anda tetap aman dan terlindungi.

Ini satu-satunya cara untuk melindungi dari ancaman seperti API dan antarmuka yang tidak aman di sistem cloud Anda. Penyedia penyimpanan cloud yang baik akan mematuhi pedoman keamanan API OWASP.

Sekarang, lebih dari sebelumnya, bisnis mengintegrasikan solusi berbasis cloud ke dalam operasi mereka untuk memungkinkan transformasi digital. Dengan begitu banyak data rentan di cloud, organisasi harus mengambil langkah-langkah untuk menjaga penyimpanan cloud mereka tetap aman dan terlindungi.

Gunakan tips ini untuk mengurangi ancaman keamanan cloud umum seperti pelanggaran data, API tidak aman, dan akses tidak sah.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA