Beranda NASIONAL Anies Baswedan Dapat Dukungan Semua Fraksi di DPRD DKI Jakarta

Anies Baswedan Dapat Dukungan Semua Fraksi di DPRD DKI Jakarta

Anies Baswedan
Usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait Penanggulangan Virus Corona Covid 2019 (Covid-19) didukung oleh semua Fraksi di DPRD DKI Jakarta.

Usulan Anies Baswedan ini disampaikan melalui Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Rabu (30/9/2020) siang. Agenda dalam rapat itu adalah pemandangan umum fraksi di DPRD DKI Jakarta terkait usulan Ranperda Penanggulangan Covid-19 dari Pemprov DKI.

Dalam rapat paripurna semua fraksi yang berjumlah sembilan fraksi tersebut mendukung usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal Perda itu. Sembilan fraksi tersebut adalah PDI Perjuangan; Gerindra; PKS; Demokrat; PAN; PSI; NasDem; Golkar dan PKB-PPP.

BACA JUGA:  UAS: Ketum MUI Jangan Tergadai Karena Materi dan Tersandera Karena Jabatan

Anggota Fraksi PDI Perjuangan Agustina Hermanto dalam pidatonya menyampaikan sepakat dengan usulan Pemprov DKI Jakarta terkait Perda Penanggulangan Covid-19. Namun, PDIP belum melihat yang menjadi dasar usulan itu (konsideran).

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Keputusan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

BACA JUGA:  Natuna Satu-Satunya Wilayah di Indonesia Terbebas dari Covid-19

“Bahwa Covid-19 sebagainya kedaruratan kesehatan masyarakat, wajib dilakukan upaya penanggulangan,” ujar Agustina.

Sejalan dengan Fraksi PDI Perjuangan Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Rany Mauliani berharap agar Raperda ini dapat disempurnakan serta menjadi Perda.

“Menetapkan menjadi Perda dalam rangka optimalisasi pelaksanaan PSBB yang bisa dipatuhi oleh semua kalangan warga Jakarta, sehingga tidak ada lagi multitafsir dan secara langsung berlaku berlaku dan memutuskan mata rantai pandemi Covid-19,” ujar Rany saat pemandangan umum Fraksi Gerindra.

BACA JUGA:  Ngabalin Berharap Agar Polri Tangkap Refly Harun

Sementara, Wakil Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Solikha mengatakan, fraksinya memandang bahwa naskah Akademik Raperda Penanggulangan Covid-19 cukup baik. Muatan aturan itu, kata dia, menjadi tanggungjawab dan wewenang Pemprov DKI Jakarta membuat kebijakan penanggulangan Covid-19 di Jakarta.

“Pelaksanaan PSBB juga amanah payung hukum daerah melalui Ranperda ini selain peraturan tentang tentang pelayanan kesehatan,” ujar Solikha.

loading...