POLITIK

Anies Baswedan Diprediksi Tidak Akan Bertarung dengan Prabowo pada Pilpres 2024, Karena Kesetiaan

Anies Baswedan
Anies Baswedan diprediksi oleh politisi Partai Gerindra Hendarsam Marantoko tidak akan bertarung dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Anies Baswedan disebutkan pernah berjanji tidak akan mengkhianati Prabowo. “Saya yakin Mas Anies akan konsisten dengan itu. Seorang pemimpin itu yang dipegang ucapannya kalau dia ingin kredibilitasnya terjaga,” ujar Hendarsam.

Hendarsam beranggapan, sejauh ini Anies Baswedan konsisten dan setia berjuang bersama Prabowo di jalur politik. Terbukti, di Pemilu 2019 Anies tidak berhadapan dengan Prabowo.

“Tentunya dalam berpolitik ada adab. Adabnya apa, Anies Baswedan pernah mengatakan bahwa dia tidak akan pernah menghianati Pak Prabowo,” ucapnya.

Sebelumnya, politisi gaek PAN Amien Rais menganalisa di Pilpres 2024 akan terjadi pertarungan politik antara Prabowo dengan Anies Baswedan. Menurutnya, Prabowo bisa saja diduetkan dengan Puan Maharani.

Amien pun menjelaskan, memang ekologi Prabowo di dunia militer sehingga ketika Prabowo ditawari Jokowi sebagai menhan, akhirnya diterima. “Kalau (menteri) yang lain tidak. Kemudian setelah menjadi menhan itu, jadi menhan sungguhan. Artinya, dia tahu ilmunya. Jadi, dia di situ mendapatkan intellectual gratification,” kata Amien menjelaskan.

Mantan ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah itu pernah meminta klarifikasi ke Prabowo tentang mengapa mengambil langkah politik di luar dugaan dengan mau membantu rivalnya di Pilpres 2014 dan 2019.

Amien pun mencoba menirukan jawaban Prabowo, kalau ia memang masih bermanfaat bagi bangsa, siap mengabdi selama masih hidup. “Dia bilang begitu. Kalau sedang kelihatan imannya itu, kiai-kiai saja kalah. Dia pernah mengatakan, ‘ini tanah saya, ini mau saya tinggal mati, mau saya apain?’ Jadi betul-betul muncul watak religiusitasnya,” ucap Amien.

Dia pun melanjutkan, berdasarkan hasil sigi lembaga survei, Prabowo sekarang menjadi tokoh paling populer dengan meraih 48 persen. Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyusul dengan hasil poling sekitar 14 persen.

BACA JUGA:  Rieke Diah Pitaloka Dicopot dari Jabatannya, Benarkah Gara-Gara Polemik RUU HIP?
loading...