Beranda INFO SEHAT Apa Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Lemah?

Apa Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Lemah?

Kekebalan Tubuh
Apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah? Tanda-tanda yang menunjukkan kekebalan tubuh Anda lemah perlu Anda ketahui, dan Anda peru tahu apa solusinya agar bisa anda coba di rumah. Jadi, bertahanlah jika Anda juga ingin mencapai sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

Bagaimana sistem kekebalan tubuh melindungi Anda?

Sel-sel dan protein membentuk penghalang kuat dalam tubuh Anda yang dikenal sebagai sistem kekebalan, yang membantu Anda melindungi diri dari berbagai penyakit. Sistem ini juga dapat melindungi Anda dari segala infeksi.

Selain itu, sistem kekebalan dapat mengenali setiap kuman yang pernah menginfeksi tubuh Anda. Jadi, untuk di waktu mendatang, jika kuman yang sama masuk ke tubuh Anda, sistem kekebalan membasmi mikroorganisme dengan cepat dan melindungi Anda.

Sistem kekebalan tubuh kita, yang secara efektif melawan kuman dan melindungi tubuh kita, terdiri dari sel, organ unik, dan senyawa sintetis yang melawan penyakit. Bagian mendasar dari sistem kekebalan tubuh adalah antibodi, sistem limfatik, limpa, sistem komponen, sumsum tulang, sel darah putih, dan timus.

Apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah?

Beberapa orang memiliki sistem kekebalan yang lemah sejak mereka lahir. Namun, sekelompok orang lain secara bertahap melemahkan sistem kekebalan mereka dengan beradaptasi dengan gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat.

Di bawah ini adalah daftar yang akan memberi tahu Anda apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah dan cara Anda dapat meningkatkannya. Simak berikut ini:

Makan tidak sehat

Pola makan yang sehat berperan penting dalam membuat sistem kekebalan tubuh Anda bekerja lebih baik. Jadi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah harus menjaga pola makan yang sehat dan memuaskan.

Ahli diet dan dokter selalu merekomendasikan diet penuh buah dan sayuran kepada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah. Hal ini karena, melalui diet ini, mereka dapat dengan cepat mendapatkan semua nutrisi dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan tubuh mereka secara keseluruhan.

Siapa pun yang menjalani pengobatan untuk penyakit kronis apa pun dapat mengembangkan sistem kekebalan yang lemah. Jadi ini satu lagi yang menambah daftar penyebab sistem kekebalan tubuh lemah!

Mereka yang menderita penyakit kronis harus makan makanan yang sehat untuk meningkatkan kekebalan mereka. Selain itu, mereka harus lebih berhati-hati saat makan untuk menghindari penyakit penyebab makanan.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah harus selalu membersihkan sayuran dan buah-buahan sebelum dipotong dan makanan yang dimasak dengan baik akan lebih mudah dicerna. Selain itu, mereka harus menghindari makanan yang dibekukan dan dikemas sebanyak mungkin.

Istirahat yang tidak cukup

Kekebalan Tubuh

Jika Anda ingin tahu apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah, izinkan kami memberi tahu Anda bahwa istirahat yang tidak cukup adalah yang utama. Kurang tidur dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda seperti halnya stres. Jika Anda tidak bisa cukup tidur, itu menghambat pembentukan sel darah putih.

Sel darah putih memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi tidak cukup istirahat dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda secara besar-besaran.

BACA JUGA  Efek Silent Treatment dalam Sebuah Hubungan, Karena Diam Itu Tak Selalu Emas

Anak-anak dan bayi sebaiknya tidur selama kurang lebih 8 – 17 jam, tergantung pada usia mereka. Untuk orang dewasa, yang terbaik adalah tidur setidaknya tujuh jam.

Kekurangan Gizi

Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Sama seperti mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kekurangan beberapa mineral dan vitamin juga dapat menyebabkan melemahnya itu. Nutrisi seperti vitamin A, C, zat besi, vitamin D, asam folat, vitamin E, dan seng mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita.

Idealnya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral ini untuk menyediakannya secara alami. Namun terkadang, Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dalam hal ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan suplemen yang memberi Anda vitamin dan mineral yang Anda kekurangan.

Tekanan berlebih atau stres

Karena Anda ingin tahu apa yang menyebabkan sistem kekebalan yang lemah, penting untuk dicatat bahwa stres juga merupakan salah satu yang penting di antara mereka. Tekanan berlebih dapat membuat sistem kekebalan Anda lemah, yang dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

Demikian pula, ketika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, tekanan berlebih dapat membuat Anda mudah jatuh sakit. Begitu sering, orang dengan sistem kekebalan yang rentan di bawah tekanan ekstrem pasti akan jatuh sakit.

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah dapat berlatih meditasi, yoga atau dapat melakukan sesi pijat yang baik untuk mengurangi tekanan atau stres.

Meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman juga dapat memberi Anda kesenangan yang dapat membantu sistem kekebalan Anda. Jika Anda dapat mengatur waktu untuk mencoba hobi Anda, Anda juga dapat melepaskan stres dengan cara itu.

Tanda-tanda sistem kekebalan tubuh yang kuat

Anda sekarang tahu apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah dan hal-hal yang diperlukan untuk meningkatkannya. Jadi, sebelum kami memberikan beberapa tips cepat untuk menghindari penyakit, mari kita lihat cara-cara yang memberi tahu Anda, Anda memiliki sistem kekebalan yang kuat:

Anda buang air besar setiap hari

Kekebalan Tubuh

Jika Anda memiliki buang air besar yang jelas setiap hari, maka itu adalah tanda bahwa Anda memiliki sistem kekebalan yang sangat baik. Memiliki setidaknya satu buang air besar setiap hari dengan mudah tanpa minum obat apa pun dianggap sehat.

Idealnya, ketika perut Anda bersih setelah Anda bangun, itu berarti limbah yang seharusnya keluar dari tubuh Anda berjalan dengan benar. Itu tidak menumpuk atau menumpuk di dalam perut Anda.

Anda memiliki kulit yang sehat

Kulit kita secara langsung mencerminkan apa yang terjadi di dalam tubuh kita. Ketika sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik dan tidak berkompromi, biasanya kita tidak akan mengalami jerawat atau ruam.

Itu karena Anda tidak sering berjerawat ketika tidak ada limbah yang tersangkut di dalam dan darah Anda bersih.

Anda mendapatkan tidur nyenyak

Tidur nyenyak adalah ketika Anda tidur tanpa gangguan. Tidur malam yang baik membantu kita memperkuat sel-sel kita, yang bekerja untuk menghancurkan kuman dari semua sel yang terinfeksi di tubuh kita.

BACA JUGA  Benarkah Mesum di Tempat Umum Tanda Miliki Gangguan Mental?

Orang yang cukup tidur memiliki sistem kekebalan yang baik, dan mereka tidak cepat jatuh sakit. Bahkan jika mereka jatuh sakit, rentang pemulihan mereka sangat cepat.

Luka cepat sembuh

Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat, luka Anda akan sembuh tepat waktu. Ketika kita terluka atau teriris atau terbakar, kulit kita masuk ke mode kontrol kerusakan.

Tubuh kita mengirimkan darah yang membawa nutrisi ke tempat yang terkena dan meregenerasi kulit baru. Prosedur penyembuhan ini tergantung pada sel-sel sehat. Ketika Anda memiliki sistem kekebalan aktif, kulit beregenerasi lebih cepat, dan dalam waktu singkat, luka Anda sembuh.

Anda akan merasa energik

Setelah menjalani hari yang sibuk dengan beban kerja yang penuh, biasanya kita merasa lelah dan tidak aktif. Tetapi bahkan setelah cukup tidur, jika Anda menderita kelelahan, ada baiknya mempertimbangkan bahwa sistem kekebalan Anda tidak bekerja dengan benar.

Ketika sistem kekebalan tubuh Anda berjuang, energi Anda turun karena tubuh sedang berjuang untuk mengumpulkan energi untuk bahan bakar sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan kuman. Ketika Anda energik sepanjang hari, maka Anda pasti memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat baik.

Anda memiliki nafsu makan yang baik

Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat baik lebih mungkin untuk merasakan rasa lapar yang kuat satu atau dua kali sehari. Mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah tidak pernah mengalami rasa lapar yang hebat karena perutnya selalu terasa penuh.

Ketika Anda memiliki sistem kekebalan yang kuat, organ pencernaan Anda bekerja dengan baik. Jadi, Anda tidak akan merasa kenyang karena Anda akan mencerna makanan terakhir dengan baik.

Anda memiliki pikiran yang ringan

Orang yang bebas stres dengan pola pikir positif selalu dianggap sehat. Menurut sebuah laporan, stres jangka panjang melemahkan respons sistem kekebalan karena stres menurunkan sel-sel kekebalan utama tubuh, yang juga dikenal sebagai limfosit.

Dan sel darah putih dalam tubuh Anda ini membantu Anda melawan infeksi. Jadi, ketika Anda tidak sering terkena virus atau bakteri, Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Tips cepat agar terhindar dari penyakit

Orang yang lahir dengan sistem kekebalan yang lemah atau mengembangkan sistem kekebalan yang lemah perlu makan makanan yang sehat dan memuaskan, istirahat yang cukup dan mengurangi tekanan agar tetap aman. Selain itu, berikut adalah beberapa cara dasar untuk tetap aman dan mengurangi risiko jatuh sakit:

Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan yang baik mungkin merupakan proses yang paling mudah untuk menjauhkan penyakit. Ketika kami mengatakan menjaga kebersihan, yang kami maksud adalah memasukkan cuci tangan sesekali.

Misalnya, yang terbaik adalah mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, sebelum dan sesudah memasak. Selain itu, yang terbaik adalah mencuci tangan dengan bersih saat menyentuh hidung, mengendus, atau batuk.

Selain itu, cuci tangan Anda ketika Anda merawat luka atau luka, ketika Anda bersentuhan dengan orang yang tidak sehat, sebelum dan sesudah Anda menggunakan kamar kecil. Jangan lupa untuk mencuci tangan jika menyentuh binatang atau sampah.

BACA JUGA  Kenapa Istri Berselingkuh dengan Pria Lain?

Mencuci tangan yang benar dapat mengurangi kemungkinan penyakit. Dengan mencuci tangan dengan baik dengan sabun dan air, Anda mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit juga.

Jadi, selalu cuci tangan, mandi secara teratur, pakai pakaian bersih dan gunakan peralatan yang sudah dicuci. Juga, yang terbaik adalah Anda mencuci seprai dan sarung bantal untuk menghindari penularan kuman.

Jauhkan dari orang sakit

Mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah harus berusaha untuk tidak terlalu dekat dengan siapa pun yang menderita pilek atau penyakit menular lainnya. Infeksi yang disebabkan oleh virus dan banyak kondisi lainnya dapat menyebar dengan sangat cepat.

Hal ini terutama berlaku untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Jadi cobalah untuk tinggal sejauh mungkin dari orang-orang yang tidak sehat. Ketika kita menjauh dari orang sakit, kita tidak bermaksud meninggalkan mereka sendirian atau tidak merawat mereka, tetapi yang kita maksudkan adalah jangan terlalu dekat dengan mereka.

Yang dapat Anda lakukan adalah menahan diri untuk tidak menyentuh atau memeluk mereka. Juga, akan lebih baik jika Anda tidak berbagi gelas, piring, handuk, kamar kecil, kamar tidur, dan botol air yang sama ketika seseorang sakit.

Berolahraga secara rutin

Olahraga rutin dapat meningkatkan pelepasan hormon endorfin, yang menurunkan perasaan cemas. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah harus berlatih latihan intensitas rendah setiap hari. Ini akan memberikan dorongan untuk sistem kekebalan tubuh mereka.

Namun perlu diingat bahwa Anda tidak boleh memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berintensitas tinggi karena itu bisa berbahaya saat Anda lemah. Namun, jika Anda bugar, Anda selalu dapat mencoba latihan yang intens. Ini membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan juga membuat Anda tetap fit dan baik-baik saja.

Bagaimana agar tetap aman selama pandemi COVID-19?

Jika Anda ingin menjauhkan diri dari infeksi, Anda perlu mempertahankan protokol khusus:

Sangat penting untuk tidak keluar sampai sangat diperlukan. Juga, mencuci tangan dan menjauhkan diri dari orang lain adalah satu-satunya jalan keluar.

Anda harus benar-benar membersihkan permukaan, memakai masker, dan segera mencari bantuan klinis jika Anda merasa tidak sehat.

Kuman hidup di permukaan dan benda-benda di rumah, jadi membersihkannya secara konsisten sangat penting.

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda mengetahui penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh, seharusnya tidak sulit bagi Anda untuk mengatasi kebiasaan buruk tersebut. Anda dapat membuat beberapa perubahan gaya hidup dan dengan mudah menjaga diri tetap bugar.

Jika Anda memiliki sistem kekebalan yang kuat, Anda tidak hanya akan melawan COVID tetapi juga akan terhindar dari lebih banyak penyakit. Menjaga pola makan yang baik dan bergizi bersama dengan olahraga dapat menghilangkan kemungkinan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, masalah jantung dan ginjal.

Jadi, konsultasikan dengan dokter dan dapatkan bagan diet yang tepat, dan jangan lupa untuk memasukkan beberapa olahraga ke dalam rutinitas harian Anda juga.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPilih Lipstik Terbaik Untuk Meningkatkan Kecantikan Alami Anda
Artikel berikutnyaBupati Rusma Yul Anwar Donor Darah di RSUD M. Zein Painan