Beranda INFO SEHAT PENYAKIT AS Beli Hampir Seluruh Stok Obat Covid-19 Dunia

AS Beli Hampir Seluruh Stok Obat Covid-19 Dunia

covid-19 obat
AS mengamankan pasokan dunia salah satu dari dua obat yang terbukti membantu mengobati Covid-19.

Remdesivir, yang ditemukan dapat mempersingkat waktu pemulihan pasien Covid-19, secara eksklusif diproduksi oleh raksasa farmasi Gilead Sciences.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HSS) telah mengumumkan telah membeli lebih dari 500.000 dosis obat.

Angka tersebut setara dengan seluruh produksi Gilead untuk bulan Juli, serta 90 persen dari produksinya pada bulan Agustus dan September.

Keputusan AS untuk menimbun obat berarti kemungkinan akan ada sedikit persediaan tersisa untuk seluruh dunia selama beberapa bulan.

BACA JUGA:  Elon Musk akan Buat Hukum Sendiri di Mars

Sekretaris HSS Alex Azar, memuji langkah tersebut, mengatakan presiden Donald Trump telah mencapai “kesepakatan luar biasa”.

“Sedapat mungkin, kami ingin memastikan bahwa setiap pasien Amerika yang membutuhkan remdesivir bisa mendapatkannya,” tambah Azar.

“Pemerintahan Trump melakukan segala daya kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang terapi penyelamatan jiwa untuk Covid-19 dan mengamankan akses ke opsi ini untuk rakyat Amerika.”

BACA JUGA:  Iran: Menghina Nabi Berarti Menghina Seluruh Muslim

Gilead telah dikritik dalam beberapa hari terakhir karena keputusannya untuk menetapkan harga $2.340 (Rp 34 Juta) untuk biaya pengobatan menggunakan remdesivir pada warga yang dillindungi oleh program kesehatan pemerintah di AS dan negara-negara maju lainnya.

Di 127 negara miskin atau berpenghasilan menengah, perusahaan itu mengizinkan pembuat obat generik untuk memasok obat.

BACA JUGA:  Kematian Akibat Covid-19 di Eropa Meningkat Drastis
loading...