Beranda BUDAYA Asparnas Ingatkan Jati Diri Bangsa Lewat Semangat Juang Para Pahlawan.

Asparnas Ingatkan Jati Diri Bangsa Lewat Semangat Juang Para Pahlawan.

Asparnas
Asparnas kembali bergerak untuk terus melawan pandemi Covid – 19 dan dalam rangka menebarkan semangat positif bagi semua orang.

Sebelumnya Asparnas juga pada Oktober 2020 lalu mengelar Ekspedisi HUI yang mengandeng GSUI ke 6 Kota Besar Indonesia dalam rangka membangkitkan perekoniman sektor pariwisata.

Kali ini Asparnas mengandeng para seniman pelukis untuk menolehkan karya lewat lukisan untuk apresiasi terhadap para pahlawan.

Asparnas
Ki – Ka Harry Koko Santoso – Suwito – Margaret E Lucas – Dr. Ngadiman – Jefri Tambayong / Foto: Istimewa

Apresiasi yang di lakukan oleh Asparnas bersama para seniman pelukis ini dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November 2020.

Acara yang digelar Asparnas ini merupakan salah satu bagian dari semangat untuk Indonesia dalam rangka 75 tahun kemerdekaan RI.

Asparnas
Ketua Umum Asparnas, Dr. Ngadiman  Bersama Pelukis Suwito/ Foto : Istimewa

“Kami Asparnas DKI menyampaikan semangat ini bukan hanya hari ini, karena kedepan kita akan jadi bagian dari semangat pelukis untuk 34 provinsi. Semangat ini sangat sedikit waktunya akan tetapi kita percaya bahwa niat baik, semangat para pejuang bisa memberikan semangat bagi kita semua.Apalagi setelah kita berbicara langsung dengan ibu Margaret, pak Ngadiman dan pak Jefri bahwa ibu Margaret bilang bahwa selama ini Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional bisa dikatakan belum pernah melakukan hal – hal seperti ini yang diberikan apresiasi yang diberikan oleh para pelukis.”ungkap Harry Koko, Ketua Panitia acara Hari Pahlawan saat konferensi pers di Rumah Dakhasa, Selasa (10/11/20).

“Kita sungguh bangga karena niat baik temen – temen langsung di dukung oleh ibu Margaret. Untuk itu dalam waktu yang sedikit kita berupaya semaksimal mungkin kita lapor pada pak Ngadiman Ketua Umum Asparnas dan Pak Jefri Ketua Asparnas DKI, persiapannya sedikit Insyaallah dengan semangat hari pahlawan ini, kita akan mampu melaksanakan dan Alhamdulillah hari ini kita duduk disini semua bersama – sama bukan hanya memperingati hari pahlawan 10 November ini, kita juga harus ingat tahun inipun Indonesia 75 tahun Indonesia merdeka. Untuk itu kita, Asparnas DKI bukan hanya penuh semangat tapi siap untuk meneruskan harapan untuk pelukis – pelukis setiap saat. Untuk acara ini kita berharap setiap tahun kita jadi bagian dari semangat pahlawan Nasional,”tambah Harry Koko.

BACA JUGA:  Angin Puting Beliung Rusak 45 Rumah di Dompu
Asparnas
Para Pelukis Dengan Hasil Lukisn Wajah Para Pahlawan/ Foto: Istimewa

Ketua Umum Asparnas, Dr. Ngadiman SH, SE, MSi menjelaskan gelaran ini tak hanya melibatkan para seniman pelukis, tapi bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (IKPN).

“Sebelumnya pihak kami sudah menyematkan pahlawan pada pahlawan jaman now, pahlawan yang kami berikan itukan bentuknya banyak, kemaren itukan memang ahli di bidang kebudayaan, bidang UMKM memajukan UMKM ada juga memajukan seni dan budaya dan lain sebagainya. Pahlawan sekarang itu wujudnya beda tidak perlu pegang senjata seperti pahlawan jaman dulu tapi kontribusinya terhadap bangsa ini banyak. Nah inilah kelanjutannya sih tidak tapi relevansinya ada.

“Ide awalnya sebenarnya untuk foto – foto itu sudah lama kita beberapa bulan lalu sudah muncul. Waktu itu kami bilang tepatnya digaungkan pada saat hari pahlawan Nasional 10 November. Pada saat itu kita nyakin akan di dukunglah terutama secara Nasional. Jalan – jalan harus ada fotonya pahlawan. Nah itu kenapa muncul ide seperti itu, karena jaman sekarang banyak yang tidak tahu pahlawan Nasional itu siapa aja dan kontribusinya apa aja dan bentuk mukanya seperti apa, seperti yang di ungkap ibu Margareth. Jadi jangan kita melupakan akarnya kita bangsa ini berdiri itu karena kontribusi para pahlawan kita jaman dulu. Kita berharap anak – anak muda sekarang notabennya lebih kenal K-Pop atau artis dai luar, tapi pahlawan Nasional saja dia ga tahu, kan kita lupa sama jati diri bangsa kita. Nah itulah yang membuat kenapa bangsa kita tidak atau kurang patriotis lagi semangat kebangsaanya gitu loh, semangat juangnya ga seperti dulu. Kita berharap sih anak – anak muda sekarang anak mellineal harus samalah semangat juangnya seperti pahlawan terdahulu di bidangnya masing – masing. Saya nyakin kita semua bisa.”

BACA JUGA:  Mobil Pajero Sport Berpelat RI 1 Nekat Terobos Mabes Polri
Asparnas
Margaret E Lucas (Sekjen IKPN) / Foto : Istimewa

Margaret E Lucas Sekjen IKPN mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kerjasama ini sebagai salah satu gerakan memperkenalkan para pahlawan Negeri tercinta Indonesia.

“Saat saya di hubungi untuk acara ini, saya sangat menyambut baik sekali pelaksanaan acara ini, dan ini pertama kalinya kami bekerjasama, ini sebuah hal yang positif bagi kita semua karena memang di akui bahwa generasi sekarang tidak tahu nama pahlawan nasionalnya, apalagi wajah dan kontribusi para pahlawannya. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap semua orang dan para Generasi Mellineal tahu para pahlawannya,”ujar Margaret

Sedangkan Ketua Asparnas DKI Jakarta Jefri Tambayong mengatakan Lukisan gambar pahlawan yang dilukis oleh para seniman pelukis akan di letakan di setiap nama jalan sesuai dengan nama pahlawan.

Asparnas
Jefri Tambayong ( Ketua Asparnas DKI Jakarta) / Foto Istimewa

“Dengan adanya lukisan di setiap jalan dengan nama pahlawan sehingga diharapkan setiap orang yang melihat bisa tahu kenapa ada nama jalan dan tahu wajah para pahlawan serta apa yang sudah diberikan pada bangsa ini,”tutup Jefri.

Dalam acara ini Apresias Asparnas terhadap para pahlawan, ada 10 pelukis yang terlibat melukis foto para pahlawan Nasional Indonesia. (EH).

loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?