Iklan
Iklan

Awas! Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala

- Advertisement -
Tidak hanya stres dan kurang istirahat, sakit kepala juga dapat dipicu oleh makanan atau minuman tertentu. Jika Anda sering mengalami sakit kepala, ada beragam jenis makanan penyebab sakit kepala yang mungkin perlu Anda hindari.

Sakit kepala lumrah terjadi ketika telat makan atau kurang minum. Namun pada beberapa orang, sakit kepala juga bisa terjadi setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu. Sakit kepala ini biasanya muncul 20 menit hingga 2 jam setelah makan.

Jenis Makanan Penyebab Sakit Kepala

Jenis Makanan

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang diduga dapat memicu timbulnya sakit kepala:

1. Cokelat

Meski sering disebut dapat memperbaiki mood, cokelat merupakan makanan penyebab sakit kepala yang paling umum. Studi menyebutkan bahwa kandungan kafein dan beta-phenylethylamine yang terdapat pada cokelat dapat memicu timbulnya sakit kepala.

2. Keju

Keju diketahui mengandung tiramin, yaitu zat alami dalam makanan yang bisa memicu sakit kepala. Jenis keju yang mengandung paling banyak tiramin adalah keju yang telah diawetkan lama, seperti keju feta, keju biru, dan keju parmesan.

3. Makanan asin dan gurih

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan sakit kepala.

4. Makanan dingin

Konsumsi makanan yang terlalu dingin, seperti es batu, kimchi, es krim, atau frozen yoghurt juga dapat memicu sakit kepala, terutama bagi seseorang yang sensitif terhadap perubahan suhu. Makanan dingin biasanya bisa menyebabkan sakit kepala yang lebih berat bila dikonsumsi setelah berolahraga atau saat kepanasan.

5. Daging olahan

Daging olahan, seperti sosis, umumnya mengandung banyak zat pengawet. Salah satu jenis pengawet yang umum digunakan adalah senyawa nitrat yang memiliki efek melebarkan saluran pembuluh darah. Efek ini diketahui dapat memicu timbulnya sakit kepala.

Tak hanya makanan, ada juga beberapa jenis minuman yang dapat memicu timbulnya sakit kepala, di antaranya minuman berkafein, minuman beralkohol, serta minuman yang mengandung gula tinggi.

Makanan yang Dapat Mengatasi Sakit Kepala

Meski ada makanan yang dapat memicu sakit kepala, menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang sebenarnya efektif dalam mencegah bahkan mengobati sakit kepala. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi sakit kepala:

  • Makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, chia seed, biji rami, dan minyak zaitun
  • Makanan yang mengandung vitamin B2 (riboflavin), seperti sayuran hijau, susu, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan telur
  • Makanan yang mengandung magnesium, seperti sayuran hijau, alpukat, pisang, ikan tuna, kacang kedelai, dan edamame
  • Makanan yang mengandung potassium, seperti pisang, jeruk, melon, kentang, ubi jalar, dan mentimun

Selain mengonsumsi makanan tersebut, ada juga beberapa langkah lainnya yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit kepala, antara lain dengan minum air yang cukup, luangkan waktu untuk istirahat, dan kurangi melihat cahaya terang, terutama dari gadget.

Sakit kepala yang disebabkan oleh makanan mungkin bisa membingungkan. Jika Anda mengalami sakit kepala yang hilang timbul dan tidak jelas pemicunya, coba buat catatan mengenai waktu terjadinya sakit kepala, jenis makanan hari itu beserta jumlahnya, dan gejala sakit kepala yang dirasakan. Hal itu akan membantu Anda untuk mengenali makanan apa yang sebaiknya dihindari.

Namun, jika Anda tidak kunjung menemukan pemicunya dan semakin terganggu dengan sakit kepala yang Anda rasakan, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA