Iklan
Iklan

Awas! Kenali Efek Samping Vaksin Covid-19

- Advertisement -
Uji coba vaksin Covid-19 terus dilakukan demi mendapatkan hasil terbaik, termasuk efek samping vaksin itu sendiri. Vaksin Moderna dilaporkan memiliki efek samping bagi yang pernah melakukan filler wajah.

Menurut panitia uji coba klinis, beberapa peserta dengan filler sudah mengalami efek samping vaksin.

Seorang dokter kulit yang berbasis di California, Amerika Sekat, Dr. Shirley Chi mengatakan reaksinya adalah imunologis.

“Sistem kekebalan yang menyebabkan peradangan meningkat ketika Anda mendapatkan vaksin, begitulah seharusnya bekerja,” kata Shirley Chi saat dilansir dari Fox News.

Menurut Dr. Shirley Chi, masuk akal jika melihat efek samping vaksin di area tertentu, di mana mereka melihat beberapa zat yang bukan merupakan zat yang terjadi secara alami di tubuh.

“Dalam kasus ini semua pasien mengalami pembengkakan dan peradangan di area yang diberi filler,” kata Chi.

Dalam uji coba yang dilakukan, Beberapa pasien menjalani filler pipi enam bulan sebelum menerima vaksin dan satu pasien menjalani filler bibir dua hari setelah vaksinasi. Semua diobati dengan steroid dan antihistamin dan semua reaksi teratasi.

Sementara itu, Vaksin Moderna sudah menerima persetujuan dari FDA dan menawarkan alternatif dari Pfizer dan BioNTech.

Direktur National Institutes of Health (NIH) Dr. Francis Collins megatakan, kinerja dari kedua vaksin sudah lebih dari yang diharapkan.

“Keduanya bekerja lebih baik dari yang diharapkan,” kata Francis Collins saat dilansir dari Tempo, Minggu (27/12/2020).

Hasil awal dari studi besar yang masih berjalan menunjukkan kedua vaksin tampak aman dan sangat protektif meskipun Moderna lebih mudah karena tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat beku.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA