Iklan
Iklan

Bagaimana Nasib Pegawai 70 BUMN yang Ditutup Erick Thohir?

- Advertisement -
70 BUMN telah ditutup oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Kebijakan itu diambil karena deretan BUMN tersebut tidak efisien lagi, bahkan ada sudah nggak jalan sejak 2008. Lalu bagaimana nasib para pegawainya?

“Kita sudah tutup 70 BUMN ya, dan kita akan terus melakukan tapi tidak mengurangi tenaga kerja, kita konsolidasikan,” ujar Erick Thohir dalam acara Orasi Ilmiah ‘Globalization And Digitalization: Strategi BUMN Pasca Pandemi’ yang digelar Universitas Brawijaya, Sabtu (27/11/2021).

Erick Thohir mengatakan bahwa saat ini mau tidak mau perubahan besar harus terjadi di BUMN. Mulai dari usia pegawai yang di bawah 35 tahun terus direkrut untuk memenuhi target jumlah anak muda di lingkungan BUMN.

Namun, kata Erick, para senior yang sudah ada di 70 BUMN tersebut akan tetap dijaga hingga memasuki masa pensiun. Namun apabila ada BUMN yang tidak beroperasi sejak 2008 ya BUMN-nya harus ditutup karena justru akan menimbulkan pemborosan.

“Satu sampai 2 tahun terakhir kita memang agresif merekrut (usia di bawah 35 tahun). Tentu yang senior juga kita jaga sampai memasuki usia pensiun. Kita tidak melepas, apalagi di saat COVID-19 seperti sekarang ini,” jelas Erick Thohir.

Erick mencontohkan di industri perbankan saat ini sudah menganut efisiensi. Pasalnya dengan digitalisasi para bank memangkas jumlah kantor cabang.

“Di bank yang tadinya dalam satu daerah ada 3 kantor sekarang dijadikan satu, tidak ada lay off tapi ditambahkan job desk-nya yang tadinya di kantor, sekarang harus keluar sebagai sales untuk mengejar pertumbuhan,” ujarnya

Erick mengatakan BUMN juga harus bertransformasi dan menjalankan model bisnis yang lebih baik. Dia menyampaikan dengan efisiensi ini, laba yang dihasilkan oleh BUMN naik signifikan.

“Bisa dilihat hasilnya sekarang? untuk laba Rp 13 triliun 2020, hari ini kuartal III 2021 Rp 61 triliun. Artinya efisiensi dan transformasi, perubahan bisnis model terbukti berjalan dengan baik,” pungkas Erick Thohir.

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA