Home GAYA HIDUP Bahan Aktif Pelembab Kulit Panthenol Salah satu Kandungan dalam Produk Skin Care

Bahan Aktif Pelembab Kulit Panthenol Salah satu Kandungan dalam Produk Skin Care

Pelembab Kulit
Bahan aktif pelembab kulit Panthenol merupakan salah satu kandungan yang bisa ditemui dalam produk skin care. Zat aktif ini cukup diandalkan untuk membuat kulit menjadi lembap dan sehat. Tak hanya itu, panthenol juga bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kuku.

Panthenol adalah senyawa kimia yang merupakan turunan dari asam pantotenat atau vitamin B5. Secara alami, panthenol bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan, seperti daging-dagingan, susu, telur, alpukat, dan nasi merah.

Selain itu, sebagai bahan pelembab kulit, panthenol juga bisa ditemukan dalam produk perawatan kulit, kosmetik, produk perawatan rambut dan kuku, serta suplemen. Pada kemasan produk, panthenol bisa dikenali dengan nama lain, yaitu dexpanthenol, D-pantotenil alcohol, butanamide, alcohol analog of pantothenic acid, atau provitamin B-5.

Berbagai Manfaat Panthenol

Panthenol yang ada di dalam produk pelembab kulit, rambut, maupun kuku tergolong zat yang aman. Saat digunakan di kulit, panthenol secara alami akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin B5. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan melalui penggunaannya secara rutin adalah sebagai berikut:

1. Melembapkan kulit

Skin care dengan kandungan panthenol dapat membuat kulit menjadi lebih lembap dan halus, serta meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, bahan ini juga bisa melindungi skin barrier dari kerusakan akibat paparan zat kimia, polusi, dan sinar UV.

Produk perawatan kulit yang mengandung panthenol bisa terkandung di dalam pelembap, sunscreen, toner, krim mata, serum, essence, losion, make up remover, atau sabun.

2. Mengatasi iritasi kulit

Panthenol juga memiliki efek antiperadangan yang bisa meredakan kemerahan atau iritasi pada kulit. Selain itu, bahan pelembab kulit ini juga diyakini bisa membantu penyembuhan luka dan mengurangi gejala eksim.

3. Menjaga rambut tetap sehat dan berkilau

Untuk mewujudkan rambut yang sehat, kamu bisa menggunakan sampo, kondisioner, serum rambut, atau gel rambut yang mangandung panthenol. Pasalnya, senyawa ini bisa membantu rambut tampak berkilau, lembut, dan lebih kuat.

Tak hanya itu, produk perawatan rambut yang mengandung panthenol juga mampu melindungi rambut dari kerusakan akibat proses pemanasan saat styling.

4. Mencegah kerusakan kuku

Produk perawatan kuku, seperti vitamin kuku, minyak kultikula, atau krim tangan yang mengandung bahan pelembab kulit panthenol dapat membantu kuku tetap terhidrasi dan mencegahnya rusak. Kuku juga akan tampak lebih mengkilap dan kuat.

Melihat banyaknya manfaat di atas, mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk memakai produk perawatan kulit, rambut, atau kuku yang mengandung panthenol. Meski begitu, sebelum menggunakannya, sebaiknya lakukan uji tempel terlebih dahulu, ya.

Caranya, oleskan sedikit produk tersebut di lengan, kemudian tunggu hingga 48 jam. Bila tidak mengalami efek samping, kamu bisa menggunakan produk tersebut. Namun, jika muncul gejala tertentu akibat reaksi alergi, seperi kemerahan, bengkak, atau rasa gatal, sebaiknya hentikan penggunaan produk.

Sejauh ini, efek samping berbahaya akibat panthenol, seperti dermatitis kontak, tergolong jarang terjadi. Namun, jika ragu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan jenis perawatan kulit yang aman dan sesuai dengan kondisimu.

Exit mobile version