Iklan
Iklan

Bahas Konflik Myanmar, Pemimpin ASEAN Berkumpul di Jakarta

- Advertisement -
Pemimpin negara-negara Asia Tenggara telah bertemu dengan jenderal tertinggi dan pemimpin kudeta Myanmar dalam pertemuan puncak darurat di Jakarta dan diperkirakan akan mendesak seruan untuk diakhirinya kekerasan oleh pasukan keamanan di mana ratusan pengunjuk rasa telah tewas, serta pembebasan Aung San Suu Kyi dan tahanan politik lainnya.

Pertemuan para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta pada hari Sabtu merupakan upaya internasional terkoordinasi pertama untuk meredakan krisis di Myanmar, negara yang bertetangga dengan China, India, dan Thailand.

Myanmar adalah bagian dari 10 negara ASEAN.

Dengan hadirnya peserta secara langsung meskipun ada pandemi, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan pada hari Jumat bahwa KTT tersebut mencerminkan “keprihatinan yang mendalam tentang situasi dan tekad ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari situasi yang sulit ini”.

myanmar asean jakarta

Pemimpin kudeta Min Aung Hlaing terlihat turun setelah tiba dengan penerbangan khusus dari Naypyidaw, menurut rekaman di saluran video resmi istana kepresidenan Indonesia.

Konvoi para pemimpin tersebut kemudian memasuki Sekretariat ASEAN di Jakarta, tempat pertemuan tersebut.

Puluhan pengunjuk rasa berkumpul di dekatnya, memukuli panci dan wajan dan memegang tanda bertuliskan “Demokrasi untuk Myanmar” dan “Kami menentang kudeta militer”.

Beberapa protes juga diadakan di kota-kota utama Myanmar tetapi belum ada laporan kekerasan.

myanmar asean jakarta

Menyusul kudeta, ASEAN melalui Brunei mengeluarkan pernyataan mengutuk perebutan kekuasaan, tetapi mendesak “jalannya dialog, rekonsiliasi, dan kembali normal sesuai dengan kemauan dan kepentingan rakyat Myanmar”.

Di tengah tekanan Barat, bagaimanapun, kelompok regional telah berjuang untuk mengambil posisi yang lebih kuat dalam berbagai masalah tetapi tetap pada pendekatan non-konfrontatifnya.

Semua negara ASEAN setuju untuk bertemu Min Aung Hlaing tetapi tidak akan memanggilnya sebagai kepala negara Myanmar di KTT, menurut Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Para diplomat dan pejabat pemerintah, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa banyak pemimpin ASEAN menginginkan komitmen dari Min Aung Hlaing untuk menahan pasukan keamanannya, yang menurut pengawas telah membunuh 745 orang sejak gerakan pembangkangan sipil massal muncul untuk menantang kudeta yang dimulai pada 1 Februari melawan pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi.

myanmar asean jakarta

“Inilah yang harus dihindari Myanmar: disintegrasi geografis, politik, sosial dan nasional menjadi bagian etnis yang bertikai,” kata Menteri Luar Negeri Filipina Teddy Locsin di Twitter. “Myanmar sendiri harus menemukan kedamaian lagi.”

Min Aung Hlaing, dalam perjalanan luar negeri pertamanya sejak kudeta, akan berpidato di KTT Sabtu malam bersama dengan masing-masing peserta sebelum diskusi informal dimulai, kata tiga sumber yang mengetahui prosedur.

KTT akan diadakan dalam format “retret”, dengan para pemimpin duduk melingkar dan hanya satu atau dua pejabat yang membantu masing-masing, kata Usana Berananda, seorang pejabat kementerian luar negeri Thailand.

Pejabat dan diplomat ASEAN juga bekerja atas inisiatif untuk mengirim misi bantuan kemanusiaan ke Myanmar dan menunjuk seorang utusan untuk mendorong dialog antara penguasa militer dan anggota parlemen yang digulingkan serta kelompok etnis bersenjata yang telah membentuk oposisi Pemerintah Persatuan Nasional (NUG).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA