Iklan
Iklan

Banjir Bandang Terjang Kota Batu, 15 Orang Terseret Arus Aliran Sungai

- Advertisement -
Peristiwa banjir bandang telah menerjang Kota Batu, Jawa Timur. Dalam peristiwa ini 15 orang dinyatakan hanyut terseret aliran sungai yang meluap, Kamis (4/11/2021).

Banjir bandan ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, melaporkan sebanyak 15 orang hanyut terseret aliran sungai yang meluap. Sebanyak 4 orang sudah ditemukan selamat, sedangkan 11 lainnya masih dalam pencarian.

“Empat sudah ditemukan. Alhamdulillah selamat semua. Tinggal 11 orang yang belum ditemukan,” ujar Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim dalam keterangan resmi melalui BNPB, Kamis malam (4/11/2021).

Arus Anak Sungai Brantas yang melintas di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengalir sangat deras dengan membawa beberapa material lumpur, batu dan potongan kayu serta puing bangunan.

Banjir bandang tersebut berdampak di 5 desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Adapun rinciannya adalah Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo dan Desa Sidomulyo.

“Yang terdampak ini 5 desa yang dialiri Anak Sungai Brantas,” ujar Rochim.

Guna percepatan penanganan banjir bandang tersebut, Tim BPBD Kota Batu dibantu lintas instansi terkait termasuk TNI dan Polri telah melakukan koordinasi, kaji cepat, pendataan lebih lanjut dan menyiapkan lokasi pengungsian.

Kini, tim fokus untuk melakukan  pencarian para korban dan evakuasi atau penyelamatan warga yang terdampak banjir serta pembersihan sarana dan prasarana yang terdampak banjir bandang.

“Operasi penanganan darurat sudah berjalan, tapi memang untuk malam ini fokus untuk pencarian pertolongan sama pembersihan dan pemulihan sarana prasarana vital jalan-jalan yang tertutup lumpur,” kata Rochim.

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA