Beranda INTERNASIONAL Banjir dan Longsor Terjang Brasil, Puluhan Warga Tewas

Banjir dan Longsor Terjang Brasil, Puluhan Warga Tewas

Lebih dari 46 orang tewas dalam banjir dan tanah longsor di Brasil setelah mengalami curah hujan terberat dalam sejarah Brasil.

Setidaknya 37 orang tewas di negara bagian Minas Gerais dan sembilan lainnya di negara tetangga Espirito Santo, menurut pejabat bencana setempat, yang mengatakan 28 orang masih hilang. Sekitar 20.000 orang telah dievakuasi.

Pihak berwenang mengatakan hujan diperkirakan akan terus berlanjut di seluruh bagian Minas Gerais, yang bertetangga dengan Rio de Janeiro dan Sao Paulo, sepanjang hari Minggu.

Romeu Zema, gubernur negara bagian, telah menyatakan keadaan darurat di lebih dari 47 kota.

Pada hari Jumat, Belo Horizonte, ibu kota negara bagian Minas Gerais, menerima hujan paling banyak yang pernah terjadi dalam periode 24 jam.

“Saya turut berduka atas kematian, terutama anak-anak, sebagai akibat dari curah hujan terbesar yang pernah tercatat di [Belo Horizonte],” kata Zuma, Jumat.

Dia telah menyatakan tiga hari berkabung untuk para korban banjir dan tanah longsor.

Badai dan hujan lebat diperkirakan akan terus berlanjut di tenggara Brazil selama beberapa hari ke depan, menurut badan metrologi nasional.

Vale SA, sebuah perusahaan pertambangan Brasil, menaikkan level darurat di sebuah bendungan di tambang Gongo Soco di Minas Gerais selama akhir pekan setelah hujan lebat mengikis reservoir struktur.

BACA JUGA:  Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Mentawai, Getarannya Terasa Cukup Kuat di Padang
loading...