Beranda INTERNASIONAL Banjir di Afghanistan Tewaskan 70 Warga

Banjir di Afghanistan Tewaskan 70 Warga

banjir afghanistan
Banjir besar di Afghanistan utara telah menewaskan puluhan orang, sementara banjir melanda rumah-rumah di daerah itu.

Juru bicara provinsi utara Parwan, Wahida Shahkar, mengatakan pada hari Rabu jumlah korban mungkin meningkat karena tim penyelamat masih bekerja untuk menemukan orang yang terkubur di bawah rumah yang hancur.

“Sedikitnya 68 orang tewas dan 90 lainnya luka-luka, jumlah korban tewas mungkin meningkat dan orang-orang masih terjebak di bawah reruntuhan saat operasi penyelamatan sedang berlangsung,” kata Shahkar kepada Al Jazeera.

Menangani bencana dan membantu keluarga yang terkena dampak berada di luar kapasitas pemerintah daerah, dan pemerintah pusat harus segera bertindak, kata Shahkar.

Banyak anak termasuk di antara korban tewas di Charikar, yang dilanda hujan lebat semalam, kata Kementerian Penanggulangan Bencana Afghanistan dalam sebuah pernyataan.

banjir afghanistan2

BACA JUGA:  Selandia Baru Laksanakan Pemilihan Perdana Menteri

Sekitar 20 orang juga terluka dan lebih dari 300 rumah hancur, katanya.

Polisi dan tim penyelamat datang untuk membantu. Ini bencana terparah di Parwan sejauh ini.

“Saat itu dini hari ketika banjir melanda daerah kami. Kebanyakan orang sedang tidur. Banyak orang yang meninggal termasuk perempuan dan anak-anak. Petugas mengatakan 50-60 orang tewas tapi lebih banyak dari itu,” menurut Ismatullah, warga distrik Dasht -e-Opyan, Parwan.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani membuat pernyataan yang memerintahkan bantuan dikirimkan ke Parwan dan provinsi lain sambil menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Ahmad Tameem Azimi, juru bicara Kementerian Manajemen Bencana Afghanistan, mengatakan banjir memblokir jalan raya ke provinsi timur dan utara.

banjir afghanistan3

BACA JUGA:  Hilang 14 Bulan, China Tahan Aktivis Hong Kong

“Bersamaan dengan penyelamatan warga, kami berupaya membuka jalan raya kembali ke lalu lintas,” katanya.

Dia mengatakan bantuan darat dan udara yang dikirim untuk membantu mereka yang terperangkap banjir telah mencapai provinsi.

Dia memberikan bantuan darat dan udara yang dikirim untuk membantu mereka yang terperangkap banjir telah mencapai provinsi.

Azimi mengatakan kementerian memperingatkan warga tentang kemungkinan banjir di wilayah tersebut dengan peringatan media sosial pada Selasa malam.

Dia mengatakan ratusan hektar lahan pertanian telah hancur, dengan hujan lebat memusnahkan semua tanaman di provinsi timur Nuristan.

banjir afghanistan4

Rumah dan jalan hancur di provinsi Kapisa, Panjshir dan Paktia, kata Azimi.

Ahmad Jan, warga desa Shahrak-Malimin di provinsi Parwan, mengatakan kebanyakan orang masih terjebak di bawah reruntuhan rumah mereka.

“Lebih dari 50 rumah di daerahnya rusak total. Tidak tahu berapa banyak yang tewas tetapi kebanyakan orang berada di bawah atap rumah mereka. Saat itu masih pagi sehingga sebagian besar orang sedang tidur. Tim penyelamat membantu mengambil jenazah dan luka-luka.”

loading...