Beranda EKONOMI Bareksa Umumkan Pencapaian Lebih dari 1,1 Juta Akun Nasabah.

Bareksa Umumkan Pencapaian Lebih dari 1,1 Juta Akun Nasabah.

Bareksa
Bareksa mengumumkan saat ini sudah lebih dari 1,1 juta akun investor terdaftar di platform yang merupakan pionir e-investasi di Indonesia.

Capaian ini diumumkan Co – founder/CEO Bareksa Karaniya Dharmasaputra pada acara Bareksa LevelUp #MerdekaFinansial di Jakarta, persis di Hari Kemerdekaan RI ke-75.

Di acara ini, Bareksa merilis logo baru, fitur dan desain UI/UX baru di aplikasi Android maupun iOS, dan kantor baru di area Kemang, Jakarta Selatan.

Bareksa

Sekarang, nasabah Bareksa bisa berinvestasi reksadana, Surat Berharga Negara (SBN), emas, dan tabungan reksadana Syariah untuk Umrah.

Selain itu, Bareksa mengumumkan uji-beta (beta testing) BATARA (BAreksa TActical Robo Advisor) bagi 1.000 nasabah yang mendaftar pertama.

“Acara virtual ini sengaja kami adakan persis di Hari Kemerdekaan RI ke-75 dengan tagar #MerdekaFinansial, karena kami bangga telah menjadi bagian dari transformasi dunia keuangan nasional. Dengan memanfaatkan kekuatan tekfin, Bareksa akan terus mendorong demokratisasi dunia keuangan kita supaya tidak lagi hanya dinikmati oleh segelintir orang, tapi membawa manfaat bagi masyarakat luas, dan memerdekakan secara finansial,” kata Karaniya di jumpa pesr virtual, Senin (17/8/20).

“Kami berterima kasih atas dukungan OJK dan kepercayaan nasabah, sehingga Bareksa saat ini telah tumbuh menjadi platform e-investasi yang bukan hanya digunakan oleh para investor pemula, tapi juga  oleh banyak investor berpengalaman, high net worth (HNW) dan bahkan institusi/korporasi. Total, sudah lebih dari Rp8 triliun dana masyarakat yang diinvestasikan melalui Bareksa,”tambah Karaniya

Bareksa
Ceo – Founder Bareksa / Dok

Sejak mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bareksa terus mencatat pertumbuhan signifikan. Yang menarik, di tengah wabah Covid-19 yang memukul ekonomi global, sepanjang tahun berjalan jumlah investor Bareksa melonjak 57 persen.

BACA JUGA:  SEO Mesin Telusur yang Penting Dioptimalkan di Website Anda, Kenali Cara Menggunakannya.

Per akhir Juli 2020, total akun investor Bareksa mencapai 1,1 juta di mana jumlah SID (Single Investor Identity) Bareksa melesat 590% dibanding April 2018. Pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dibanding pertumbuhan investor di seluruh industri reksa dana sebesar 490%. Pada periode yang sama, dana masyarakat yang telah diinvestasikan di platform Bareksa pun melonjak hampir delapan kali lipat menjadi Rp8 triliun. Sementara itu dana kelolaan (Asset Under Management, AUM) Bareksa menanjak empat kali lipat sementara AUM keseluruhan industri reksa dana merosot -1%.

Di samping itu, Bareksa merupakan satu dari tiga perusahaan fintech pertama yang diberi mandat oleh Kementerian Keuangan RI menjadi mitra distribusi Surat Berharga Negara ritel secara online sejak 2018. Atas kontribusinya mendemokratisasi pasar SBN, Bareksa telah mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu sebagai Mitra Distribusi SBN Syariah Terbaik 2019 Kategori Non-bank. Hasil evaluasi Kemenkeu pada tahun 2019 juga memperlihatkan Bareksa berada di posisi nomor satu dari sisijangkauan karena telah menjangkau investor SBN hingga 34 provinsi di Indonesia dan masuk jajaran top-4 mitra distribusi ritel terbaik bersama tiga bank papan atas.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Bareksa sebagai mitra distribusi SBN ritel yang ditunjang dengan marketplace investasi yang user-friendly dan mempermudah masyarakat untuk berinvestasi di SBN ritel, sehingga tujuan kami memperluas basis investor ritel domestik dan mencapai terwujudnya keuangan inklusif dapat tercapai,” kata Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu RI, Deni Ridwan.

Bareksa mengundang 1.000 nasabah untuk mendaftar dan memberikan masukan pada uji-Beta BATARA (BAreksa TActical Robo Advisor). BATARA adalah fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dikombinasikan dengan kebijakan manusia untuk memberikan pendampingan taktis bagi investor dalam mengatur portofolio dan taktik investasi mereka. Dengan BATARA, investor mendapatkan rekomendasi investasi berdasarkan kelas aset yang disesuaikan dengan profil risiko investor, termasuk situasi market dan ekonomi.

BACA JUGA:  Gerai Baru Digimap Berkonsep Mobile POS, Pelanggan Tak Perlu Antri.

“Kami sedang terus berkonsultasi dengan OJK agar BATARA bisa menjadi robo advisor yang berkesuaian dengan regulasi, terpercaya, kredibel, jujur, transparan, dan tidak malah menjadi alat marketing,” jelas Karaniya.

“Untuk itu di tahap ini kami melakukan uji-Beta dahulu untuk menjaring masukan nasabah secara terbatas, sebelum nanti kami rilis untuk publik,”tambahnya

Selain itu, Bareksa meluncurkan logo baru; yang merupakan modernisasi dari ikon pohon dan daun yang selama ini menjadi identitas Bareksa. Masih bernuansa hijau, logo baru Bareksa menampilkan pohon dengan tiga helai daun mengarah ke atas yang merefleksikan tekad Bareksa untuk mendampingi Nasabah untuk menumbuhkan kesejahteraan mereka melalui e-investasi.

“Logo dan desain antar-muka yang baru ini diharapkan dapat membuat investor semakin nyaman untuk berinvestasi melalui perangkat mobile mereka,”kata Karaniya.

Bareksa LevelUp dimeriahkan dengan berbagai promo dengan total hadiah dan cashback senilai Rp250 juta.

– Upgrade Your Asset: untuk pembelian Bareksa Emas dengan nilai Rp2 juta, Rp5 juta dan Rp10 Juta pada periode 3-21 Agustus 2020; berkesempatan mendapat hadiah voucher Bareksa Emas  Rp50.000, Rp200.000 dan Rp500.000 untuk 240 pemenang.

– Upgrade Your Style: untuk pembelian reksadana apa saja di Bareksa minimal Rp5 juta dan membagikan pengalaman investasi selama 6 bulan di media sosial; berkesempatan mendapat hadiah iPhone 11 untuk 3 pemenang, voucher emas Rp2 juta untuk 10 pemenang, dan voucher Emas Rp250.000 untuk 100 pemenang.

– Upgrade Your Life: tantangan bagi para Youtuber untuk menceritakan perubahan dalam gaya hidup mereka setelah berinvestasi di Bareksa. Hadiah bagi Juara-1 Rp15 juta, Juara-2 Rp10 juta dan juara 3 Rp.5 juta.

loading...