Beranda INFO SEHAT PENYAKIT Batuk Disertai Nyeri Dada Bisa Jadi Indikasi 5 Penyakit Berikut

Batuk Disertai Nyeri Dada Bisa Jadi Indikasi 5 Penyakit Berikut

Umumnya batuk juga disertai nyeri dada. Rasa nyeri ini timbul karena refleks batuk menekan saluran pernapasan bawah dan paru-paru. Apalagi jika Anda batuknya sulit terkendali atau kencang, nyeri akan dada akan lebih sakit.

Menurut Mauricio Dnackers, seorang dokter dari Chest Foundation, rasa sakit di dada yang terasa saat batuk disebabkan oleh pergerakan otot secara cepat di bagian dada dan perut guna mendorong udara dan zat asing untuk keluar dari saluran napas.

Dalam kondisi normal, pergerakan ini tidak berbahaya, malah sangat efektif untuk membersihkan saluran pernapasan sehingga napas menjadi lebih lancar (Hellosehat).

wet lung

Walaupun merupkan hal yang umum, jangan sepelekan nyeri dada saat batuk apabila sakitnya parah, apalagi bila nyeri tetap meski batuk telah berhenti, bahkan menyulitkan Anda untuk bernapas.

Bisa jadi penyebab batuk dan sakit dada yang Anda alami lebih dari sekadar pilek dan flu biasa.  Hellosehat memaparkan sejumlah penyakit yang kemungkinan Anda alami jika merasa nyeri dada saat batuk.

nyeri dada

1. Asma

Asma adalah peradangan dalam saluran pernapasan yang menyebabkan saluran pernapasan bengkak dan sangat sensitif.

Alhasil, saluran pernapasan menyempit, menyebabkan kurangnya udara yang mengalir ke paru-paru. Terkadang, mereka bisa mengi hingga batuk yang mengakibatkan dada terasa sakit.

2. Bronkitis

Radang pada bronkus karena infeksi. Bronkus adalah saluran yang membiarkan udara masuk ke dalam dan keluar dari paru-paru. Biasanya pengidap mengalami batuk berlendir yang menebal dan bisa berubah warna.

GERD KIDNEY

3. Gangguan asam lambung

Saat asam lambung naik, akan muncul rasa atau sensasi terbakar di daerah dada atau heartburn, atau gejala lainnya seperti batuk bila asam lambung naik (refluks) dan melukai tenggorokan (saluran napas).

4. Pneumonia

Gejala umum pneumonia ialah demam, menggigil, batuk, sesak napas, nyeri dada, nyeri otot, kelelahan, dan kurang nafsu makan.

Perhatikan juga tanda-tanda seperti pilek, iritasi mata, sakit tenggorokan, dan gangguan pada saluran pernapasan luar hingga dada terasa sakit saat batuk.

5. Tuberkulosis

Penyakit karena bakteri mycobacterium tuberculosis  ini sangat menular .Gejalanya meliputi demam, kelelahan, kehilangan berat badan, dan tak jarang rasanya dada sakit saat batuk berlebih.