Beranda INFO SEHAT Benarkah Buah Sirsak Bisa Mencegah Kanker?

Benarkah Buah Sirsak Bisa Mencegah Kanker?

Buah Sirsak
Manfaat buah sirsak bagi kesehatan sangatlah beragam. Namun, salah satu manfaat sirsak yang cukup populer adalah untuk mencegah penyakit kanker. Benarkah sirsak bisa mencegah kanker? Ketahui jawabannya dalam artikel berikut.

Tak hanya memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, buah sirsak juga dikenal baik untuk kesehatan. Hal ini berkat beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, mulai dari serat, protein, kalsium, hingga beragam vitamin, seperti vitamin B dan vitamin C.

Selain itu, sirsak juga kaya akan kandungan antioksidan yang diketahui dapat  menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, buah sirsak dipercaya bisa menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker pankreas, dan kanker usus besar.

Bukti Ilmiah Mengenai Manfaat Sirsak untuk Kanker

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa ekstrak sirsak, baik dari buah, daun, kulit, maupun akarnya, mengandung lebih dari 100 asetogenin annonaceous, yaitu senyawa antikanker alami.

Selain itu, ekstrak sirsak juga kaya akan antioksidan yang diketahui dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker yang kebal terhadap obat kemoterapi tertentu.

Meski demikian, penelitian tersebut baru dilakukan secara terbatas di laboratorium, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitas buah sirsak untuk mencegah kanker pada manusia.

Jika Anda ingin menggunakan buah sirsak atau mengonsumsi suplemen dengan kandungan sirsak sebagai pengobatan penyakit kanker, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Selain itu, pastikan produk suplemen yang Anda konsumsi telah terdaftar di BPOM.

Manfaat Lain Buah Sirsak untuk Kesehatan

Tak hanya mencegah kanker, sirsak juga memiliki beragam manfaat lain yang juga baik untuk kesehatan, di antaranya:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Melancarkan pencernaan
  • Meredakan peradangan
  • Menjaga kadar gula dalam darah
  • Membantu tubuh melawan bakteri, virus, dan jamur
BACA JUGA  Kunyit Hitam Ternyata Memiliki 5 Manfaat bagi Kesehatan

Di beberapa daerah, sirsak juga dipercaya dapat mengobati malaria dan infeksi parasit. Namun, beragam manfaat tersebut juga masih sebatas uji klinis di laboratorium sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Risiko dan Efek Samping Buah Sirsak

Selain dari buah, biji, kulit, dan akarnya, manfaat sirsak juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi suplemen sirsak. Namun, konsumsi suplemen sirsak secara berlebihan atau tidak sesuai dosis, dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai efek samping, seperti:

  • Gangguan saraf
  • Nyeri otot
  • Gangguan gerak tubuh
  • Kerusakan hati dan ginjal

Suplemen sirsak juga tidak disarankan untuk dikonsumsi jika Anda memiliki beberapa kondisi berikut ini:

  • Memiliki tekanan darah rendah
  • Mengonsumsi obat hipertensi atau diabetes
  • Menjalani kehamilan atau menyusui
  • Memiliki kelainan hati atau ginjal

Sirsak bisa Anda jadikan bagian dari menu makan sehat sehari-hari, karena memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kanker.

Manfaat sirsak untuk kanker memang masih perlu diteliti lebih lanjut. Namun, jika Anda ingin menggunakan sirsak sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit kanker, konsultasikanlah dulu kepada dokter untuk mengetauhui efektivitas dan keamanannya bagi kondisi Anda.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaKenapa Penyakit Komorbid Berbahaya Apabila Terinfeksi COVID-19?
Artikel berikutnyaInilah Makanan dan Minuman Pemicu Kanker