INFO SEHAT

Biaya Perawatan Pasien COVID-19 Dipastikan akan Ditanggung oleh Negara

Pasien COVID-19
Pasien COVID-19

Pasien terjangkit COVID-19 untuk biaya perawatannya dipastikan akan ditanggung oleh negara. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Muhadjir menegaskan, pemerintah akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam mempercepat penyaluran dana yang akan dibayarkan kepada rumah sakit yang menangani pasien COVID-19.

Pada saat memimpin rapat koordinasi Pelayanan Kesehatan COVID-19, Muhadjir melalui sambungan video menegaskan pemerintah segera menyalurkan anggaran tersebut kepada rumah sakit melalui lembaga BPJS Kesehatan.

“Untuk pembiayaan penanganan COVID-19 yang dirawat di rumah sakit nanti akan dihandle BPJS Kesehatan. Kita putuskan secara teknokratik agar Dirut BPJS Kesehatan mendisain proses ini,” ujar Muhadjir melalui konferensi video.

Muhadjir juga mengatakan dana yang akan digunakan untuk pembayaran rumah sakit yang merawat pasien bukan bersumber dari BPJS Kesehatan atau Dana Jaminan Sosial, melainkan dana tambahan baru.

Biaya Perawatan Pasien COVID-19 Dipastikan akan Ditanggung oleh Negara 1 12

Proses pembayaran ini, kata Muhadjir, akan segera diproses secepatnya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan agar lebih prima.

Proses penyaluran ini nantinya akan dibarengi dengan pembayaran premi PBI oleh Kemenkeu untuk memperbaiki arus kas BPJS Kesehatan yang dapat digunakan untuk membayar tunggakan ke rumah-sakit.

Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris langsung menyanggupi hal tersebut ketika menanggapi arahan Menko PMK. Mekanisme yang akan dilakukan oleh BPJS Kesehatan selanjutnya adalah untuk melakukan proses verifikasi secara akuntabel kepada rumah sakit yang sudah melayani penanganan pasien COVID-19.

“BPJS Kesehatan siap mendukung ketetapan kebijakan pembayaran. Mekanisme selanjutnya, BPJS Kesehatan akan melakukan verifikasi secara akuntabel,” ujar Fachmi.

Comments

comments

BACA JUGA:  Peneliti: Selama Covid-19, Sekolah Tidak Perlu Diliburkan
loading...