Iklan
Iklan

BMKG Catat 756 Kali Gempa Susulan di Kota Jayapura Pasca Gempa Magnitudo 4,9

- Advertisement -
Sepanjang 16 hari, BMKG Wilayah Jayapura mencatat 756 kali gempa susulan di Kota Jayapura, pasca terjadinya gempa awal dengan magnitudo 4,9 yang terjadi pada 2 Januari 2023.

Dari 756 kali gempa susulan, sebanyak 62 gempa bumi dapat dirasakan warga Kota Jayapura. Bahkan, warga Jayapura dan sekitarnya bahkan dapat merasakan 3-4 kali getaran gempa bumi dalam satu hari.

Seperti hari ini, rabu (18/1/2023) sekitar pukul 05.47 WIT, Kota Jayapura diguncang gempa bumi tektonik dengan magnitudo 3,4. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.45° LS dan 140.72° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 km timur laut Kota Jayapura.

Foto: BMKG Wilayah V Jayapura

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura, Yustus Rumakiek menuturkan gempa bumi memiliki kedalaman 10 kilometer.

“Dengan  memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura,” katanya, Rabu (18/1/2023).

Gempa bumi tersebut dirasakan oleh masyarakat di Kota Jayapura dengan skala intensitas II MMI. “Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA