Iklan
Iklan

BRI Salurkan KUR Pertanian Rp26,5 Triliun dalam 6 Bulan

- Advertisement -
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mengakselerasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat / KUR Pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan di Indonesia. Hingga akhir Juni 2021, BRI tercatat berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp84,87 triliun kepada 3 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengungkapkan dari total penyaluran KUR tersebut, 31,26 persen di antaranya atau setara Rp26,5 triliun disalurkan kepada KUR Pertanian.

“KUR Pertanian tersebut telah kami salurkan kepada 979 ribu pelaku UMKM utamanya yang bergelut di bidang pertanian, perburuan, dan kehutanan,” urai Sunarso dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (27/7/2021).

Dari sebaran wilayah, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Jawa Barat menjadi provinsi dengan sebaran KUR Pertanian terbesar di Indonesia. Sunarso optimistis hingga akhir tahun ini BRI mampu terus mendorong penyaluran KUR Pertanian.

“Hingga Desember 2021, diproyeksikan penyerapan KUR Sektor Pertanian sebesar Rp54,37 triliun kepada 2,1 juta nasabah sehingga komposisi KUR BRI 2021 yang disalurkan ke sektor pertanian sebesar 32% dari total alokasi,” imbuhnya.

Optimisme Sunarso ini didasari oleh kesiapan perseroan yang telah merancang strategi untuk mengakselerasi KUR Pertanian meskipun pandemi masih berlangsung. Salah satu strateginya adalah business follow stimulus yang terbukti memberikan dampak positif terhadap penyerapan KUR BRI.

“Menurut hasil riset internal BRI, sebanyak 72 persen pelaku UMKM penerima BPUM membutuhkan modal kerja tambahan untuk mempercepat pemulihan usahanya dan mengembangkannya. Hal ini merupakan salah satu sumber permintaan KUR BRI sehingga penyalurannya on the track,” tambahnya.

Faktor lain yang mendorong penyaluran KUR BRI adalah kesiapan sumber daya BRI. “Saat ini BRI telah memiliki 28.959 tenaga pemasar untuk menyalurkan KUR Pertanian, di mana angka ini meningkat drastis dibandingkan dengan jumlah tahun lalu sebesar 13.327 orang. Selain itu, BRI memiliki 8.620 outlet dari Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit, dan Teras BRI yang melayani proses pengajuan KUR Pertanian dari masyarakat,” imbuhnya.

Strategi lain yang disiapkan BRI dalam mendukung pemberdayaan UMKM melalui pembiayaan KUR, yakni mendorong ekosistem klaster-klaster usaha pertanian. Selain itu, di masa pandemi saat ini BRI menyediakan platform pemberdayaan digital Link UMKM.

“Para pelaku UMKM binaan BRI baik dari klaster binaan, Rumah BUMN, BUMDes, serta Agen BRILink tergabung dalam satu wadah yang terintegrasi sehingga memudahkan untuk dilakukan pendampingan dan pembinaan agar dapat naik kelas,” pungkas Sunarso.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA