Beranda PERISTIWA Buka Peti Jenazah Pasien Covid-19 Puluhan Warga di Cilacap Diswab Massal

Buka Peti Jenazah Pasien Covid-19 Puluhan Warga di Cilacap Diswab Massal

Buka peti Jenazah
ILLUSTRASI
Buntut dari aksi buka peti dan mandikan jenazah pasien Covid-19, puluhan warga di Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap akan dites usap (swab) massal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan puluhan warga yang terlibat melakukan buka peti serta memandikan jasad pasien corona itu, kini sedang dalam pemantauan satgas Covid-19.

“Untuk Desa Mergawati sekitar 22 orang dan Karangmangu sekitar 20 orang yang akan diswab,” ujar Pramesti.

BACA JUGA:  Prancis Desak Negara Arab Hentikan Boikot

Mereka yang dites swab ini merupakan warga yang telah membuka peti jenazah, memandikan, mengkafani serta memakamkan dan berjarak dekat dengan jenazah yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Pramesti mengungkapkan kejadian berawal dari salah satu pasien suspek asal Kroya yang dirawat di rumah sakit di Banyumas meninggal dunia pada Rabu (16/9). Pasien laki-laki tersebut dinyatakan suspek karena memiliki gejala COVID-19.

BACA JUGA:  Gempa Magnitudo 5,5 di Pangandaran, Warga Sukabumi Panik

“Pada saat meninggal hasilnya swab belum keluar, tetapi pasien ini sejak dirawat di Banyumas, diagnosanya sudah suspek karena ada gejala COVID-19,” jelasnya.

Pasien tersebut ternyata meninggal dunia. Dan meskipun belum ada hasil laboratorium keluar, pihak rumah sakit melakukan pemulasaran jenazah COVID-19.

BACA JUGA:  Vietnam Evakuasi 1,3 Juta Warga Akibat Topan Molave

Seharusnya, jenazah saat itu langsung dimakamkan, akan tetapi keluarga membawa jenazah ke rumah duka.

“Dari rumah sakit sudah meminta untuk langsung dibawa ke makam, ternyata dibawa ke rumah duka, petinya dibongkar, jenazah dimandikan lagi dan dikafani, dan tanggal 19 September kemarin hasil swab menyatakan jika pasien terkonfirmasi positif,” ujarnya.

loading...