Beranda HUKUM Capres Amerika Serikat Joe Biden Bantah Tuduhan Pelecehan Seksual

Capres Amerika Serikat Joe Biden Bantah Tuduhan Pelecehan Seksual

joe biden amerika serikat
Joe Biden membantah tuduhan pelecehan seksual oleh mantan stafnya Tara Reade 27 tahun yang lalu, dalam pernyataan publik pertamanya tentang tuduhan itu.

“Itu tidak benar. Ini tidak pernah terjadi,” kata Joe Biden, kandidat presiden dari Partai Demokrat dalam sebuah wawancara dengan MSNBC’s Morning Joe pada hari Jumat.

Tuduhan-tuduhan tersebut telah mempengaruhi upaya  kampanye Biden saat ia berusaha untuk mengamankan pencalonan partai dan menghadapi Donald Trump dalam pemilihan presiden 2020. Beberapa orang muncul dalam beberapa hari terakhir untuk mengonfirmasi bahwa Reade memberi tahu mereka tentang klaimnya selama tahun 1990-an, termasuk saudara lelakinya dan mantan tetangga.

Tetapi pada hari Jumat, Biden mengatakan bahwa tuduhan mantan stafnya itu sangat inkonsisten sambil menyerukan semua catatan yang terkait dengan tuduhan Reade akan dirilis ke publik. Calon presiden dari partai Demokrat itu juga meminta Arsip Nasional untuk mencari dan melepaskan keluhan tertulis yang mungkin diajukan Reade terhadapnya, seperti yang telah diklaimnya.

Mantan wakil presiden itu juga mengatakan kepada Mika Brzezinski di acara itu bahwa dia tidak “mengingat keluhan apa pun yang pernah dibuat”, membantah klaim yang dibuat Reade kepada media dalam beberapa pekan terakhir, di mana dia mengatakan bahwa dia memberi tahu beberapa orang yang bekerja untuk Biden di waktu serangan tersebut.

Beberapa mantan staf yang Reade ceritakan tentang tuduhan itu mengatakan kepada NPR mereka tidak ingat dia membuat klaim.

Wawancara ini menampilkan beberapa momen menegangkan antara Biden dan Brzezinski – pihak Biden dilaporkan meminta pembawa acara atau koresponden wanita untuk mengajukan pertanyaan tentang dugaan penyerangan tersebut.

Pembawa acara mempertanyakan Biden tentang mengapa ia tidak akan meminta penyelidikan tambahan atau rilis informasi dari University of Delaware, yang dilaporkan memiliki dokumen yang berkaitan dengan Reade.

BACA JUGA:  Perjanjian Damai Armenia-Azerbaijan Rusak dalam Hitungan Jam

Joe Biden mengungkapkan bahwa dia tidak akan mulai mempertanyakan motif Reade dan menambahkan: “Saya tidak akan mulai mengejar Tara Reade.”

loading...